Dilangkahi Soal Akuisisi , Hatta Akan Panggil Dahlan

Monday 21 Apr 2014, 3 : 23 pm
by

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa akan memanggil Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan terkait rencana akuisisi saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Pemanggilan ini untuk mendapatkan penjelasan dari Dahlan Iskan karena Kantor Menko Perekonomian sama sekali belum pernah membahas rencana penjualan bank ini.

Hatta mengatakan, seharusnya rencana akuisisi perusahaan BUMN tersebut harus melalui mekanisme standar yang berlaku di lingkungan pemerintahan. “Mekanismenya adalah, mestinya kalau ada hal seperti, tentunya harus memberitahukan kepada Menko (Perekonomian) dan untuk hal seperti itu sebaiknya juga dirapatkan. Melalui rapat koordinasi dan tentu juga dibawa ke Rapat Kabinet. Paling tidak rapat di Kantor Menko Perekonomian,” tegas  Hatta usai penandatanganan kerja sama Bank Indonesia dengan Kantor Menko Perekonomian dan Kementerian Dalam Negeri di Gedung Bank Indonesia, Senin (21/4).

Seperti diberitakan, pada Minggu (20/4),  sekitar 1.200 orang karyawan PT Bank Tabungan Negara yang tergabung dalam Serikat Pekerja BTN melakukan aksi unjuk rasa menolak rencana Pemerintah yang akan mengalihkan saham perusahaan itu kepada PT Bank Mandiri.

Hatta mengaku hanya mengetahui rencana akuisisi Bank BTN-Bank Mandiri tersebut dari media massa dan social media. “Saya akan menanyakan kebenaran berita ini. Saya sendiri belum tahu benar atau tidaknya,” kata Hatta ketika ditanya terkait rencana pemanggilan Dahlan Iskan terkait rencana akuisisi bank pelat merah tersebut.

“Saya lihat di sosmed (media sosial) kok sudah ada orasi ini dan orasi itu. Tolak ini, tolak itu. Lah wong saya saja belum tahu,” tambah Hatta. Bahkan, jelas Hatta, sejauh ini Kementerian Perekonomian juga belum mendapatkan laporan terkait rencana RUPS Bank BTN dan Bank Mandiri yang berkenaan dengan rencana akuisisi. “Pak Bobby (Rafinus) selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian tidak pernah melapor kepada saya bahwa ada pemikiran (akuisisi Bank BTN oleh Bank Mandiri) seperti itu,” kata Hatta.

Hatta menjelaskan, selama ini Kemenko Perekonomian belum pernah membahas persoalan akuisisi bank BUMN itu. “Jadi, saya tidak bisa mengatakan setuju atau tidak setuju. Tolak atau tidak tolak. Harus terlebih dalu ada reason-nya. Dan semua analisa harus dilakukan. Mendesaknya apa? Keperluannya apa? Harus dianalisa oleh tim yang kuat dan solid. Jangan ujug-ujug,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

HSG Berpotensi Lanjut Melemah, Buy ADMR, BBNI, BBRI, BRIS, ISAT dan ADRO

JAKARTA – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan

Imunitas Advokat Tidak Berlaku Bagi Eggie Sudjana

JAKARTA-Ketua Tim Task Force Forum Advokad Pengawal Pancasila (FAPP), Petrus