79 Tahun Kemerdekaan RI, Mirah Sumirat: Nasib Buruh Makin Terpuruk

Saturday 17 Aug 2024, 2 : 28 pm
Presiden Women Committee Asia Pasific UNI Apro, Mirah Sumirat

JAKARTA – Aktivis Buruh Nasional , yang juga Presiden Women Committee Asia Pasific UNI Apro, Mirah Sumirat mengaku prihatin dengan kondisi nasib pekerja atau buruh Indonesia yang semakin buruk.

Dampak dari penetapan upah murah sejak tahun 2015 lewat PP 78/2015 tentang Pengupahan yang menghilangkan perhitungan komponen Hidup Layak (KHL ) serta “meniadakan” fungsi Dewan Pengupahan mengakibatkan Politik Upah Murah berlaku tanpa hambatan.

Kemudiaan munculnya UU Omnibuslaw Cipta Kerja makin memperkuat penetapan Upah murah bagi Pekerja/buruh Indonesia.

Demikian disampaikan Mirah Sumirat dalam keterangan press  di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Mirah Sumirat mengungkapkan sebuah pribahasa yang tepat bagi nasib Pekerja Indonesia.

“Sudah jatuh tertimpa tangga” demikian nasib Buruh Indonesia. Belum lagi usai derita Upah murah mendera , kondisi ekonomi buruh Indonesia di perburuk dengan tingginya harga pangan dan harga barang kebutuhan pokok hampir 20% dari tahun 2022 sudah dirasakan sampai saat ini cenderung harga tidak terkendali,” jelasnya.

Baca juga :  Ini Tanggapan Ganjar Soal Penambangan Ilegal di Sekitar IKN

Dampaknya daya beli turun, dimana upah tidak bisa mengimbangi harga pangan dan kebutuhan dasar yang cenderung tidak terkendali.

Penetapan upah murah menyebabkan daya beli turun sehingga barang dan jasa yang dihasilkan Perusahaan kecil, menengah dan besar menjadi tidak laku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Rayakan Anniversary ke-21, Electronic City Gelar Program Meriah Hingga Awal Tahun

JAKARTA-Menjelang perayaan ulang tahun ke-21, PT Electronic City, Tbk (Electronic

MUI: Kesenjangan Ekonomi Umat Harus Diperkecil

JAKARTA-Indonesia tercatat sebagai negara dengan kesenjangan ekonomi keempat tertinggi dunia.