79 Tahun Kemerdekaan RI, Mirah Sumirat: Nasib Buruh Makin Terpuruk

Saturday 17 Aug 2024, 2 : 28 pm
Presiden Women Committee Asia Pasific UNI Apro, Mirah Sumirat

Dampak mengerikan adalah perusahaan banyak yang tutup karena produksi menumpuk alias tidak lalu, sehingga Perusahaan melakukan PHK massal para buruhnya sebagai jalan satu-satu nya agar perusahaan bisa tetap berjalan .

Ternyata penderitaan itu bukan hanya milik buruh saja.

Perusahaan banyak yang tutup bukan hanya karena dampak upah murah tapi juga karena serbuan barang import terutama tekstil.

Barang produksi lokal menjadi tidak laku karena kalah saing dengan harga yang lebih murah  dengan kwalitas hampir sama.

Belum lagi bergesernya model industri dari konvensional menjadi digitalisasi/otomatisasi membuat sebagian besar perusahaan tutup dan memPHK massal Pekerja/buruh nya.

Derita rakyat belum berhenti, anak-anak buruh dihadapkan dengan kenaikan  biaya pendidikan (SPP) , Uang Kampus Tunggal (UKT) yang semakin mahal .

Baca juga :  BPKP Sedang Periksa Dana Otsus Papua

Berarti hanya anak-anak orang kaya saja yang bisa melanjutkan kuliah sedangkan anak buruh tidak bisa merasakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal ini menyebabkan nasib hidup anak-anak buruh semakin didorong ke sisi jurang kemiskinan, karena apa yang dicita citakan tidak terwujud kandas ditengah jalan.

“Padahal kita sama – sama tahu bahwa pendidikan  itu dijamin oleh negara sesuai dengan amanat Konstitusi UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa,” urainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Silverius: Pilkada Serentak, Momentum Mencari Kepala Daerah Negarawan

Dari kacamata dosen Universita Binus ini, seorang kepala daerah seharusnya

Empat Tahun Jokowi, Infrastruktur Berperan Ratakan Pembangunan

Dari 65 bendungan yang dibangun Kementerian PUPR pada periode 2015-2019,