Banggar DPR: Perkuat Ketahanan Ekonomi Menghadapi Tantangan Global

Monday 27 May 2024, 2 : 59 pm

JAKARTA –  Gejolak geopolitik di Timur Tengah masih belum memberikan tanda-tanda akan mereda.

Bahkan cenderung menjadi semakin eskalatif, yang kontan memberikan ekses bagi ketidakpastian ekonomi dan pasar keuangan global.

Wakil Ketua Fraksi Golkar DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) Mukhtarudin mendorong pemerintah memperkuat ketahanan ekonomi dengan mempertahankan keunggulan SDM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam mengantisipasi tekanan global.

Di tengah tensi geopolitik tersebut, Mukhtarudin meminta agar pemerintah mengantisipasinya dengan sejumlah kebijakan yang menunjang ketahanan ekonomi dalam negeri.

“Bagaimana pun kita harus optimis memperkuat sumber daya manusia (SDM) yang kita miliki sebagai persiapan menghadapi tantangan tersebut. Ini adalah sebuah keniscayaan,” tutur Mukhtarudin, Senin (27/5/2024).

Baca juga :  BI Kembangkan Program Remitansi untuk Dukung Program Desmigratif

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini bilang optimisme tersebut harus diimbangi dengan kewaspadaan.

Apalagi terjadi kenaikan suku bunga, kenaikan harga minyak, pelemahan nilai rupiah dan terganggunya rantai pasok.

Mengingat, lanjut Mukhtarudin, Ketidakstabilan geo-politik global tersebut tentu akan berdampak pada terganggunya aktivitas perdagangan, melonjaknya harga komoditas dan krisis energi berkepanjangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BRIS Ambrol ke Level ARB, Saham Himbara Juga Tercatat Melorot

JAKARTA-Pergerakan harga saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) pada

BTN Ajak Dukcapil Guna Verifikasi Data

JAKARTA-Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Dasuki Amsir menjabat