BBTN Terapkan Tokenisasi Aset Properti Melalui Skema DIRE

Wednesday 31 Jul 2024, 7 : 14 am
by
ILUSTRASI

Di luar negeri, instrumen ini dikenal dengan nama Real Estate Investment Trust (REIT).

Perlu diketahui, institusi yang menerbitkan DIRE akan memperoleh sejumlah manfaat, yakni pendanaan baru untuk menunjang ekspansi bisnis, insentif pajak dan mengubah aset yang tidak likuid menjadi likuid.

Investor yang berinvestasi pada DIRE akan mendapatkan sejumlah keuntungan, seperti alternatif investasi di bidang properti yang sangat terjangkau, perlindungan terhadap inflasi dan transparansi.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), hingga kini hanya ada enam produk DIRE yang diterbitkan di pasar modal dalam negeri.

“Memang tidak mudah untuk menjual produk investasi berbasis properti, meskipun banyak orang Indonesia yang meminati investasi di sektor properti,” kata Direktur Utama PT Reliance Manajer Investasi, Akhabani.

Baca juga :  BI Provinsi Kalsel dan Sulbar Tetap Beroperasi

Dengan adanya tokenisasi DIRE, menurut Akhabani, pasar atau basis investor dapat menjadi lebih luas, transaksi menjadi lebih banyak dan pengalihan kepemilikan bisa dilakukan secara lebih mudah.

Sementara itu, CEO D3 Labs, Tigran Adiwirya, mengatakan bahwa saat ini Indonesia menjadi primadona bagi investor global.

Hal ini tercermin dari akumulasi realisasi penanaman modal asing (PMA) yang mencapai USD946,4 juta atau setara Rp14,19 triliun pada akhir Kuartal I-2024. Dengan akumulasi tersebut, Indonesia dipandang sebagai salah satu pasar negara berkembang yang paling potensial di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Jumlah RS Rujukan Covid-19 Bertambah Jadi 137

Untuk RS di Pulau Galang, Menko PMK menyampaikan bahwa tidak
IPW Desak Kapolda Sumbar Bertindak Tegas Usut Kasus Kematian Afif Maulana

IPW Minta Bongkar Penerima Dana Haram “Labora Kaltara”

Sebab tidak mungkin atasan-atasan Briptu HSB tidak tahu praktek lancung