Beda dengan Bung Karno, Jokowi Tampilkan Teater Para Penjajah yang Bungkam dan Tindas Rakyat

Friday 16 Aug 2024, 11 : 45 pm
Penulis buku "Merahnya Ajaran Bung Karno", Airlangga Pribadi Kusman

RANGKASBITUNG – Penulis buku “Merahnya Ajaran Bung Karno”, Airlangga Pribadi Kusman menyinggung gagasan yang muncul pada 1970an bernama theatre of the oppress (teater kaum tertindas).

Menurut Airlangga, gagasan yang ditulis Sastrawan Augusto Boal itu menggambarkan perjuangan Presiden pertama Soekarno alias Bung Karno, yang melawan penindasan oleh penjajah untuk mendorong pembebasan.

Ia menilai semangat itu kini sudah berbeda.

Hal itu disampaikan Airlangga saat menjadi pembicara dalam acara bedah buku “Merahnya Ajaran Bung Karno” dalam rangka Refleksi Kemerdekaan ke-79 RI yang digelar Persatuan Alumni GMNI Lebak di Museum Multatuli, Rangkasbitung, Banten, Jumat (16/8).

“Dalam teater itu kalau kita dalam konteks perjuangan, maka akan melihat Bung Karno adalah tokoh yang mendorong pada proses pembebasan dan perubahan sosial,” ujar Airlangga.

Baca juga :  Jatim Tetap Kondusif Pasca Pilpres

Airlangga menyebut Bung Karno sebagai tokoh theatre of the oppress, yang melibatkan rakyat untuk turut membangun tanah air dan seisinya, bukan sebagai penonton saja.

“Mereka (rakyat) tidak diam, mereka bagian dari teater pembebasan,” tuturnya.

Akan tetapi, ia menilai teater dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini terlihat bukan perjuangan dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pasar Saham Rebound, IHSG Menguat 1,22% di Atas Level 7.200

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia

Belanda Bantu Indonesia Tingkatkan Daya Saing IKM

JAKARTA-Indonesia dan Kerajaan Belanda telah mencapai kesepakatan dalam kerjasama bilateral