BI: Perlu Ada Kebijakan Moneter Yang Longgar

Thursday 11 Oct 2012, 11 : 42 am
by
Gubernur BI, Darmin Nasution

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengakui perlu ada kebijakan moneter yang longgar untuk mempercepat pemulihan ekonomi global.

Hal ini semata-mata demi memancing capital inflow ke negara-negara berkembang.

“Kondisi tersebut mendorong otoritas di berbagai negara untuk menempuh kebijakan yang lebih longgar untuk mendorong pemulihan ekonomi. Langkah ini telah menimbulkan sentimen positif di pasar keuangan global, termasuk arus modal asing ke negara-negara emerging,” kata Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution di Jakarta,11/10

Darmin menilai perekonomian global cenderung tumbuh lebih lambat dari perkiraan dan masih dibayangi dengan ketidakpastian. Pemulihan ekonomi AS masih rentan, sementara ekonomi Eropa masih mengalami kontraksi seiring krisis yang masih berlanjut.

“Di sisi lain, perekonomian China dan India juga diperkirakan semakin menurun. Inflasi global secara umum juga relatif moderat, sejalan dengan harga komoditas dunia yang masih cenderung turun,” tambahnya

Baca juga :  Meski Pendapatan di 2022 Anjlok 30%, ACST Bisa Tekan Rugi Bersih Jadi Rp448,91 Miliar

Dewan Gubernur menilai perekonomian domestik masih tumbuh cukup baik walaupun tidak setinggi prakiraan semula.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2012 diprakirakan sebesar 6,3%, lebih rendah dari prakiraan sebelumnya akibat penurunan kinerja sektor eksternal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Nasib RUU PDP, Puan: Besok  Disahkan DPR

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data

BNI Gandeng Go-Pay, Tekan Kredit Bermasalah UMKM

JAKARTA-Kucuran kredit UMKM terus digenjot oleh Bank plat merah. Karena