Bisa Jadi Bumerang, Kaesang Berbohong Kepada KPK Soal Privat Jet

Sunday 22 Sep 2024, 12 : 41 pm
by
ilustrasi

JAKARTA -Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep sudah memberikan klarifikasi dugaan gratifikasi pelayanan perjalanan dengan private jet ke Amerika Serikat.

Namun pengakuan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini di KPK telah menjadi bumerang untuk dirinya.

Pasalnya, pemilik usaha Sang Pisang ini memberikan keterangan palsu kepada apparat penegak hukum.

Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS), Anthony Budiawan mengatakan Kaesang tidak bisa mengelak lagi bahwa telah menerima gratifikasi sebesar selisih nilai wajar biaya perjalanan private jet dengan biaya yang diakuinya.

“Pengakuan Kaesang, bahwa biaya perjalanan sebesar Rp90 juta per orang, merupakan pengakuan atau alasan yang mengada-ada dan tidak masuk akal dan berbohong, kepada aparat penegak hukum, yang mana hal tersebut merupakan perbuatan tindak pidana berat,” ujarnya.

Baca juga :  Resimen Kadet UNHAN Terbentuk

Menurut Anthony, gratifikasi bisa dalam bentuk langsung atau tidak langsung (alias terselubung). Gratifikasi secara langsung diberikan langsung kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara bersangkutan.

Sedangkan gratifikasi terselubung, atau tidak langsung, adalah gratifikasi yang diberikan kepada anggota keluarga penyelenggara negara, antara lain anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

1,6% Warga Tangsel Masuk Kategori Ekonomi Rentan

TANGERANG-Sebanyak 1,64 persen dari 1,4 juta warga Kota Tangerang Selatan

Lewat Program 3M, Siswa SMP Ajak Warga Rindam Jaya Hemat Listrik

JAKARTA-Kebutuhan energi listrik makin meningkat, sementara ketersediaan sumberdaya untuk menghasilkannya