BPS: Inflasi Year on Year Juli 2024 Tercatat 2,13%

Thursday 1 Aug 2024, 1 : 27 pm
by
BPS
Ilustrasi

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada Juli 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) sebesar 2,13% dengan dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,09.

Menurut BPS, dalam keterangan resmi, Kamis (01/8/2024), inflasi provinsi y-on-y tertinggi terjadi di di Provinsi Papua Pegunungan sebesar 5,65% dengan IHK sebesar 110,80 dan terendah terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 0,84% dengan IHK sebesar 103,54.

Sedangkan inflasi kabupaten/kota y-on-y tertinggi terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan sebesar 6,68% dengan IHK sebesar 108,77 dan terendah terjadi di Kabupaten Bangka Barat sebesar 0,46% dengan IHK sebesar 101,63.

Sementara deflasi kabupaten/kota y-on-y tertinggi terjadi di Kabupaten Timor Tengah Selatan sebesar 1,25% dengan IHK sebesar 104,06 dan terendah terjadi di Tanjung Pandan sebesar 0,22% dengan IHK sebesar 104,77.

Baca juga :  Setelah Mekaar dan Bank Wakaf, Pemerintah Sekarang Punya Program Ekonomi Umat

Inflasi y-on-y terjadi karena adanya kenaikan harga. Ini ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 3,66%; kelompok pakaian dan alas kaki 0,99%; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,50%; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 1,05%.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Jasnita Telekomindo Kelola Layanan Call Center 137 Ombudsmen RI

JAKARTA-Manajemen PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) mengumumkan, pihaknya berhasil mendapatkan

Pemred Non-Aktif RCTI Diduga Melanggar Kode Etik Jurnalistik

JAKARTA – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mendesak KPI Pusat dan