Diversifikasi Usaha, Sinergi Lestarindo Dirikan Sinar Aroma Sentosa

Friday 6 Sep 2024, 9 : 35 am
by
Ilustrasi

JAKARTA – Manajemen PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) telah mendirikan PT Sinar Aroma Sentosa (SAS), anak usaha Perseroan yang bergerak di bidang pengolahan atau pencampuran bahan baku (blending) pada 03 September 2024.

Adapun pendirian Sinar Aroma Sentosa (SAS)  ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No.AHU-0187055.AH.01.11 Tahun 2024 tanggal 04 September 2024.

Menurut Siu Min, Direktur Utama SMLE dalam laporan keterbukaan informasi ke BEI, dikutip Jumat (06/9/2024), modal dasar Sinar Aroma Sentosa (SAS), sebesar Rp10 miliar dan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp2,5 miliar.

Komposisi pemegang saham Sinar Aroma Sentosa (SAS), jelas Siu,  adalah sebagai berikut, PT PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) sebesar 99,96%, dan Yulia Rosaline sebesar 0,04%.

Baca juga :  Fitch Kukuhkan Peringkat Indonesia Pada Level Investment Grade

“Tujuan pembentukan entitas anak SAS adalah diversifikasi usaha untuk menjaga kelangsungan usaha dan menunjang kegiatan usaha utama Perseroan. Ini terutama untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan bahan baku,” kata Siu.

Siu menambahkan, pendirian anak usaha baru tersebut membuat aktivitas operasional yang dijalankan oleh Perseroan menjadi lebih fokus dan efisien. “Perseroan juga dapat memenuhi permintaan pasar yang lebih luas,” ujarnya.

SMLE membukukan penjualan bersih sebesar Rp113,56 miliar pada semester I 2024, naik 23% dari Rp92,32 miliar pada periode sama 2023. Kenaikan penjualan disertai peningkatan beban pokok penjualan, beban penjualan, beban umum dan administrasi, serta beban lain-lain. Hal ini menyebabkan laba SMLE yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk anjlok 57,32% menjadi Rp947,42 juta pada semester I 2024 jika dibandingkan Rp2,22 miliar semester I 2023.

Baca juga :  Siapkan Capex Rp438 Miliar, PPRO Bidik Marketing Sales Sebesar Rp1,38 Triliun

PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 2013 di Tangerang. Perseroan bergerak dalam bidang perdagangan bahan kimia untuk bahan baku makanan dan minuman, perawatan pribadi, dan industri, seperti oleoresin, ekstrak, perasa, bahan kering, pengawet, pewarna makanan, antioksidan, pengemulsi, minyak alami, filter UV, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

RUPSLB BTN Rombak Direksi

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono (dua

Commonwealth Targetkan Premi Unit Link Tumbuh 30 Persen

JAKARTA – Commonwealth Life menargetkan peningkatan pertumbuhan premi dari produk-produk