Dugaan Gratifikasi Privat Jet Gulfstream Kaesang, KPK Periksa Gibran dan Bonyamin Terlebih Dahulu

Tuesday 3 Sep 2024, 10 : 22 pm
Koordinator TPDI, Petrus Selestinus

Petrus menegaskan, pemanggilan KPK terhadap Kaesang haruslah ditempatkan dalam rangka Penegakan Hukum Pidana dengan berpedoman pada KUHAP dan UU No.19 Tahun 2019 tentang KPK yaitu dalam rangka penyelidikan (meskipun diawali dengan tahapan telaah dan klarifilasi).

“Jadi bukan hanya sekedar formalitas untuk memenuhi desakan public,” terangnya.

Namun demikian jadwal pemeriksaan terhadap Kaesang dan Erina seharusnya dilakukan setelah KPK melalukan pemeriksaan untuk mengklarifikasi Bonyamin Saiman sebagai Pelapor.

“Seharusnya sebelum KPK memanggil Kaesang dan Erina untuk diperiksa dan didengar keterangannya, maka terlebih dahulu KPK harus memeriksa sejumlah pihak antara lain: Bonyamin Saiman, sebagai Pelapor, Gibran Rakabuming Raka, selaku Walikota Solo saat itu yang menanda tangani MoU, Direktur PT. Shopee Internasional Indonesia, Gang Ye, Ketua DPRD Solo tahun 2021 dan Presiden Jokowi,” tegas Petrus.

Baca juga :  Sinta Nuriyah Ganti Nisan Makam Gus Dur

Mengapa, karena sesuai dengan uraian peristiwa dan fakta-fakta sebagaimana Laporan  Bonyamin Saiman tanggal 28/8/2024, melampirkan MoU dibuat antara Pemerintah Kota Solo dan PT. Shopee Internasional Indonesia, ditanda tangani Gibran pada tanggal 23 April 2021, sebagai Walikota Solo kala itu, untuk mendirikan Kantor dan Pusat Gaming di atas lahan Pemkot Solo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pertemuan Pertama DEWG G20, Delegasi Dukung Isu Prioritas Konektivitas Pascapandemi Covid-19

“Dalam sesi pertama 1st DEWG Meeting kali ini, para delegasi telah menyatakan dukungannya
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

Gerak IHSG Diprediksi Menguat Lagi, Akumulasi BSDE, CMNT dan HRTA

Secara teknikal, pergerakan sideways mulai menuju akhir, terindikasi dari MACD