Eksepsi Tim Kuasa Hukum Johnny G. Plate Tegaskan, Perhitungan BPKP Soal Kerugian Negara “Cacat”

Tuesday 4 Jul 2023, 1 : 14 pm
by
Kuasa hukum Johnny G Plate,  Achmad Cholidin

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) nonaktif Johnny G Plate menyampaikan eksepsi atas dakwaan jaksa dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Base Transceiver Station (BTS 4G) di Jakarta, Selasa 4 Juli 2023.

Pembelaan tersebut dilakukan di depan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Salah satu point dari nota pembelaannnya terkait hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kuasa hukum Johnny G Plate,  Achmad Cholidin menegaskan,  sampai dengan perkara ini dilimpahkan ke persidangan, dalam proses penyidikannya, auditor BPKP tidak pernah melakukan klarifikasi kepada Terdakwa selaku Pengguna Anggaran.

Dengan kata lain auditor BPKP dalam melakukan penghitungan kerugian negara secara sengaja telah mengabaikan prosedur penghitungan kerugian negara yang wajib ditempuh auditor yakni, tidak “melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait bersama penyidik Kejaksaan Agung RI”.

Baca juga :  Hukuman Mati Tidak Membawa Perubahan Dalam Level Kriminalitas

Hal ini mengindikasikan adanya  proses yang cacat.

“Harusnya,  BPKP melakukan klarifikasi terlebih dahulu pada Menteri sebagai pengguna anggaran,” terang Cholidin.

Selain itu, Cholidin juga menjelaskan posisi Johnny G Plate dalam Proyek Penyediaan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan Infrastruktur Pendukung pada BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) adalah
Pengguna Anggaran yang telah mendelegasikan kewenangannya kepada Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen, dalam hal ini BAKTI Kemenkominfo.

“Klien kami selaku menteri hanya mengurus administrasi terkait anggaran dari proyek Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo),” terangnya.

Selaku Pengguna Anggaran (PA) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 113/P Tahun 2019 tanggal 23 Oktober 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, telah melakukan penunjukan kepada Badan Layanan Umum (BLU) Bakti Kementerian Kominfo sebagai kuasa pengguna anggaran.

Baca juga :  Presiden Resmikan Proyek WEGE RS Modular Tanjung Duren Milik Pertamina

“Dan seluruh proses anggaran terkait proyek BTS 4G menjadi kewenangan kuasa pengguna anggaran, yakni Bakti Kemenkominfo,” ulasnya.

Karena dalam menjalankan tugas, kliennya selaku Menteri hanya membuat surat pengantar untuk ditujukan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala Bappenas, serta diteruskan ke Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

“Jadi apa yang menjadi tugas menteri? Misalnya kalau Bakti sudah melakukan perencanaan anggaran, selanjutnya melalui Sekjen, lalu menteri membuat surat pengantar ke Menteri Keuangan dan Bappenas untuk diteruskan kepada Badan Anggaran. Sebatas proses administrasi itu,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kominfo Minta Penjelasan Faceebook Atas Penyalahgunaan Data

JAKARTA-Kementerian Kominfo (Kominfo) kembali mengirimkan surat kepada Facebook Kamis ,19

Graha Girsang Helat Simulasi Pernikahan Era New Normal

BEKASI-Menyambut tatanan era baru, Gerung Graha Girsang menggelar simulasi penerapan