ESDM: Investasi di EBT Butuh USD15,9 Miliar

Thursday 26 Sep 2024, 5 : 59 pm
ILUSTRASI

JAKARTA – Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM menilai bahwa upaya mengoptimalkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) membutuhkan investasi mencapai USD15,9 miliar hingga tahun 2020.

Menurut Direktur EBTKE Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi, saat ini pemanfaat EBT hanya sebesar 0,3 persen dari total potensi energi yang tersedia.

“EBT kita saat ini baru dipakai 0,3 persen di antara 3,4 terawatt potensinya,” kata Eniya dalam siaran pers yang dikutip Kamis (26/9).

Dia mengatakan, sejauh ini potensi EBT yang besar seharusnya bisa dimanfaatkan secara optimal, seiring dengan upaya menjaga ketahanan energi nasional serta memenuhi target pencapaian bauran EBT.

Baca juga :  PMN Mestinya Hanya Untuk BUMN Sehat

“Potensi dan pemanfaatan EBT menjadi perhatian Pak Menteri ESDM (Bahlil Lahadalia) yang selalu menanyakan berapa banyak EBT kita,” ujarnya.

Eniya menyatakan, untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan EBT, maka perlu adanya investasi berkualitas yang nilainya mencapai USD15,9 miliar hingga 2030.

“Tentu saja saat ini kita memerlukan investasi USD15,9 miliar sampai tahun 2030. Ini yang masih banyak ketinggalan,” tutur Eniya.

Merespons kondisi tersebut, perusahaan pengembang EBT, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) melalui anak usahanya, Star Energy Geothermal berkomitmen mendukung pemanfaatan EBT dengan meningkatkan kapasitas terpasang yang diumumkan pada acara International Geothermal Conference and Exhibition 2024 (IIGCE 2024) di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Sebanyak 75,51 Saham Seri B SMBR Resmi Beralih ke SMGR

JAKARTA-Setelah pemerintah secara resmi mengundangkan PP No. 33 Tahun 2022

Sekolah Pemuda Diharapkan Membantu Peningkatan IPM Di Jabar

BANDUNG – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat bekerja