Fundamental Kokoh, Per 30 Juni 2024 Likuiditas TPIA Capai USD2,2 Miliar

Thursday 1 Aug 2024, 8 : 57 pm
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

Pada Mei 2024, Chandra Asri Group dan Glencore Plc (Glencore) menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi seluruh aset milik Shell Singapore Pte Ltd di Shell Energy and Chemicals Park Singapore (SECP).

Melalui CAPGC Pte Ltd —perusahaan patungan yang mayoritas dimiliki oleh Chandra Asri Group dan Glencore sebagai mitra minoritas— perusahaan joint venture ini tengah berupaya mengakuisisi kilang berkapasitas 237.000 barel per hari, cracker etilena 1,1 juta metrik ton di Pulau Bukom dan aset kimia tambahan di Pulau Jurong.

Suryandi menyampaikan, TPIA berharap transaksi ini bisa selesai pada akhir 2024, namun tergantung pula pada persetujuan regulasi. Strategi ini juga diyakini mampu memantapkan eksistensi dan kemampuan Chandra Asri Group di kancah regional, serta meningkatkan daya saing kedua perusahaan dan memperluas peluang bisnis di kawasan.

Baca juga :  Imbangi Dinamika Keuangan Global, OJK Terbitkan Tiga Peraturan

Perlu diketahui, Chandra Asri Group masuk ke dalam MSCI Global Standard Index yang efektif pada 31 Mei 2024.

Hal ini diharapkan bisa meningkatkan visibilitas perseroan kepada investor institusi global, berpotensi meningkatkan likuiditas dan mengurangi biaya modal.

Keberadaan TPIA di MSCI Global Standard Index juga sekaligus menunjukkan kinerja solid perseroan dengan bisnis yang memiliki inisiatif pertumbuhan strategis dan berkomitmen pada aspek berkelanjutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pertumbuhan Pasar Tenaga Kerja AS Melambat, Bursa Saham Wall Street Jatuh Bebas

Harga saham Apple longsor 4,8%, persentase penurunan harian tebesar sejak 29

Pemerintah Klaim Penyerapan Anggaran 2015 Lebih Baik

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) meminta pemerintah meningkatkan penyerapan anggarannya