Gara-Gara Pilpres, Jumlah Orang Stress Bertambah

Tuesday 8 Jul 2014, 3 : 32 pm

JAKARTA-Jumlah orang yang mengalami stress ringan  (Orang Dengan Gangguan Jiwa-red ODGJ ringan) diprediksi akan bertambah menjelang pencoblosan pemilu presiden (pilpres). “ODGJ ringan memang kasusnya banyak, termasuk yang memikirkan masalah pilpres. Namun orang stress itu tergantung dari individunya masing-masing,” kata Direktur  Kesehatan Jiwa, Kemenkes, Eka Viora dalam diskusi “RUU Kesehatan Jiwa” bersama anggota Panja, Wiryaningsih, Jakarta, Selasa, (08/07/2014).

Berdasarkan catatan, kata Eka lagi, jumlah ODGJ ringan di Indonesia mencapai sekitar 16 juta orang. Sebenarnya semua orang berpotensi mengalami stress. Namun yang stress berat itu mencapai sekitar 400.000 orang. “Dari jumlah itu, sekitar 57.000 orang pernah dan masih dipasung,” tambahnya.

Menurut Eka, sebenarnya Indonesia sudah pernah memiliki UU Kesehatan Jiwa No3/1966. Namun hanya mengatur dan melindungi, hak-hak orang yang mengalami gangguan jiwa saja. “Sejak 1992, UU ini hilang, karena masuk dalam UU Kesehatan. Hingga kemudian, RUU Kesehatan Jiwa masuk dalam prioritas prolegnas,” ujarnya.

Baca juga :  Presiden Jokowi Minta Warga NU Tangkal Fitnah

Saat ini, lanjut Eka, pemerintah daerah yang sudah memiliki rumah sakit jiwa, baru sekitar 28 propinsi. Sisanya 12 rumah sakit dikelola swasta. “Masih ada sekitar 6 propinsi lagi yang belum memiliki rumah sakit jiwa,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Rockwell Automation Angkat Scott Wooldridge Sebagai Presiden Regional Asia Pasifik

SINGAPURA-Rockwell Automation, Inc (NYSE: ROK) mengangkat Scott Wooldridge sebagai Presiden

Kemenperin Raih Penghargaan Laporan Keuangan Terbaik

JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan