GKBRAA Paku Alam: Budaya Itu Artinya Menjaga Hati

Sunday 7 Jul 2024, 11 : 06 pm
GKBRAA PAKU ALAM memberikan penjelasan dalam peluncuran buku BATIK PAKUALAMAN – Antara Tradisi, Sastra dan Wastra, di Kagungan Dalem Kepatihan Pakualaman, Yogyakarta, Kamis (04/07/2024). Buku ditulis oleh GKBRAA Paku Alam, KMT Widyo Hadiprojo dan Nyi MT Sestrorukmi.

YOGYAKARTA – Budaya itu seperti hati. Bagaimana kita memelihara budaya sama dengan memenuhi hati dengan cinta.

Mewarisi dan melestarikan budaya merupakan wujud dari cinta itu sendiri. Sehingga ketika seseorang memelihara budaya, ia akan memelihara cinta yang terpupuk di dalamnya.

Alasannya, cinta itu tumbuh dan besar dalam budaya tersebut.

Demikian dijelaskan oleh GKBRAA Paku Alam dalam peluncuran buku “BATIK PAKUALAMAN – Antara Tradisi, Sastra dan Wastra” di Gedung Kepatihan Pakualaman, Yogyakarta, pada Kamis (04/07/2024).

Buku tersebut ditulis oleh GKBRAA Paku Alam, KMT Widya Hadiprojo dan Nyi MT Sestrorukmi.

Diterbitkan Penerbit Kanisius, buku ini mengulas soal tradisi, sastra dan wastra (pakaian tradisional) yang diangkat dari nilai-nilai luhur Kadipaten Pakualaman dengan menggunakan media batik.

Baca juga :  Bioskop Platinum Cineplex Siap Hadir di Metland Cibitung

Dalam sambutannya yang termuat dalam buku tersebut, KGPAA Paku Alam X mengatakan bahwa batik Pakualaman dan buku yang diluncurkan terkait dengan pemeliharaan warisan budaya.

Dan itu, tidak lepas dari pidatonya pada 7 Januari 2016 dalam posisinya sebagai pengemban kebudayaan.

Dan batik Pakualaman memiliki kekhususan yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah. Sekalipun termasuk dalam tradisi batik gagrag (model) Yogyakarta, Batik Pakualaman menjadi khas karena pernah bersentuhan dengan gagrag Surakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Petani Thailand Sudah Manfaatkan Bioteknologi

JAKARTA-Kalangan petani Jepang dan Thailand sejak lama sudah familiar dengan

Anas Thahir: Nyamankan Suasana Pemilu dan Enak Ditonton

BANYUWANGI-Pelaksanaan Pemilu serentak baik Presiden, DPR, DPRD dan DPD tinggal