GKBRAA Paku Alam: Budaya Itu Artinya Menjaga Hati

Sunday 7 Jul 2024, 11 : 06 pm
GKBRAA PAKU ALAM memberikan penjelasan dalam peluncuran buku BATIK PAKUALAMAN – Antara Tradisi, Sastra dan Wastra, di Kagungan Dalem Kepatihan Pakualaman, Yogyakarta, Kamis (04/07/2024). Buku ditulis oleh GKBRAA Paku Alam, KMT Widyo Hadiprojo dan Nyi MT Sestrorukmi.

Sejak 2011, Batik Pakualaman mendapat pengayaan karena motif-motif baru yang bersumber dari naskah-naskah kuno koleksi Perpustakaan Widyapustaka Kadipaten Pakualaman.

Dalam launching buku tersebut, ditampilkan tarian Tyas Muncar (hati yang cerah memancar) yang diciptakan oleh KGPAA Paku Alam X. Tarian ini akhirnya menjadi nama dari Rumah Batik Tyas Muncar di Pakualaman.

Rumah Batik Tyas Muncar dimaksudkan menjelaskan pancaran hati remaja puteri saat proses membatik

Menurut GKBRAA Paku Alam, buku ini sudah lama menjadi angan-angannya.

Hanya saja, buku ini terhambat beberapa kendala termasuk karena pandemi Covid. Sehingga dalam komunikasi di antara ketiga penulis dan juga tim pendukung agak sulit.

Belum lagi, dijelaskan lebih lanjut, buku ini didukung oleh tim kerja yang terdiri dari tim batik dan tim naskah.

Baca juga :  Ke ARTJOG 2024, Puan Terkesima Lihat Karya Seniman Hingga Beli Lukisan untuk Charity

“Saya, Bu Sakti dan Pak Dibyo harus kerja keras untuk menyelesaikan buku ini. Dan, proses buku dan mewujudkan batik harus sinkron. Semuanya berawal dari pembacaan naskah dari kitab Asta Brata, yang ada di perpustakaan Kadipaten Pakualaman. Kitab Asta Brata itu berisi nilai-nilai luhur yang terkait dengan kepemimpinan,“ ujar GKBRAA Paku Alam. Yang dimaksud dengan „Bu Sakti“ adalah Dr.Sri Ratna Saktimulya yang dalam buku tertulis nama Nyi.M.T.Sestrorumi. Sementara yang disebut „Pak Dibyo“ adalah Sudibyo yang dalam buku tertulis K.M.T.Widyo Hadiprojo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pendiri, Presiden, dan CEO INEOS Group, Sir Jim Ratcliffe mengambil alih 25 persen saham Manchester United. (Sumber Foto: Sky Sports)

Pemegang Saham Baru MU, Benahi Manajemen, Baru Cari Pemain Anyar

Sir Jim Ratcliffe juga ditanya tentang kemungkinan dia merekrut Jurgen

Infrastruktur Kunci Datangkan Investasi dan Kurangi Biaya Logistik

Selain untuk mendatangkan investasi, Presiden menyebutkan pembangunan infrastruktur juga akan