GKBRAA Paku Alam: Budaya Itu Artinya Menjaga Hati

Sunday 7 Jul 2024, 11 : 06 pm
GKBRAA PAKU ALAM memberikan penjelasan dalam peluncuran buku BATIK PAKUALAMAN – Antara Tradisi, Sastra dan Wastra, di Kagungan Dalem Kepatihan Pakualaman, Yogyakarta, Kamis (04/07/2024). Buku ditulis oleh GKBRAA Paku Alam, KMT Widyo Hadiprojo dan Nyi MT Sestrorukmi.

5. Batik Bayu Krastala
Motif batik Bayu Krastala terinspirasi dari rěnggan Gada Lukitasari. Motif poleng melambangkan watak tegar, gigih, mantap, dan penuh semangat. Betara Bayu dalam Asthabrata versi Pakualaman digambarkan sebagai teladan akan sikap keteguhan hati seorang pemimpin, sehingga rakyat yang dipimpinnya akan tertib tidak sembarangan dalam bertingkah laku.

6. Batik Wisnu Mamuja
Motif Batik Wisnu Mamuja dilukiskan dengan senjata cakra dan trisula serta nyala api dari dupa yang mewakili identitas Dewa Wisnu sebagai seorang pemimpin dan pertapa. Seorang pemimpin ideal hendaknya memiliki watak asketis, untuk menjaga jarak dengan gemerlap kehidupan, sehingga batinnya suci dalam memahami hakikat ketentuan Yang Mahakuasa.

Baca juga :  Bioskop Platinum Cineplex Siap Hadir di Metland Cibitung

7. Batik Brama Sembada
Motif batik Brama Sěmbada divisualisasikan dengan gambar tombak, bendera umbul-umbul dan lidah api. Semua ini menggambarkan teladan kepemimpinan Dewa Brama, yang dalam Serat Asthabrata Pakualaman menjadi teladan sikap keperwiraan yang tangguh dan gagah berani, yang menjadi bekal dalam menciptakan ketentraman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kemenperin Apresiasi Kontribusi AMMDes Tekan Penyebaran Covid-19

“Kami adalah termasuk daerah yang sangat padat penduduk, dengan memiliki

Fashionlink, Ajang Desainer Go International

Jumlah booth tahun ini meningkat signifikan jika dibandingkan Buyers Room