GMNI: Makzulkan Pembegal Konstitusi

Thursday 22 Aug 2024, 8 : 37 am
by
Ilustrasi

JAKARTA – Proses demokrasi di Indonesia telah memasuki tahap perkembangan yang sangat penting.

Perkembangan itu ditandai dengan berbagai perubahan dan pembentukan institusi atau lembaga baru dalam sistem dan struktur kekuasaan negara.

Sebagai negara hukum, segala sikap, tingkah laku, dan perbuatan, baik yang dilakukan oleh para penguasa negara maupun oleh para warga negaranya berdasarkan hukum positif.

Sehingga, terutama warga negaranya terbebas dari tindakan sewenang-wenang para penguasa negara.

Michael Silalahi, Ketua GMNI DKI Jakarta mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai suatu lembaga Negara yang berfungsi menangani perkara tertentu di bidang ketatanegaraan dalam rangka menjaga konstitusi agar dilaksanakan secara bertanggung jawab sesuai dengan kehendak rakyat dan cita-cita demokrasi, dan juga menjaga terselenggaranya pemerintahan negara yang stabil.

Baca juga :  PBNU: PKB Didirikan Untuk Bangsa, Bukan Untuk Cak Imin

Menurutnya, keberadaan lembaga Mahkamah Konstitusi ini juga merupakan< koreksi terhadap pengalaman kehidupan ketatanegaraan di masa lalu yang ditimbulkan oleh tafsir  ganda terhadap konstitusi.

Mencermati perkembangan politik akhir ini, GMNI  melihat adanya upaya penyelewengan kekuasan dengan menganulir keputusan Mahkamah Konstitusi oleh Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakat Republik Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PUPR: Progres Bendungan Gondang Capai 91 Persen

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penyelesaian

Survei Popularitas Golkar Tertinggi, Pengamat: Hasil Dari Program Pro Pemilih Muda

JAKARTA- Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, Partai Golkar telah membangun