Ground Breaking: Pemalang Miliki 260 Ha Tambang Udang Terintegrasi

Tuesday 5 Oct 2021, 7 : 29 pm
by
Tambak udang yang berada di Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Pemalang ini merupakan hasil kerjasama PTPN IX dan Foss Group yang akan menampung pekerja tambak lebih dari 2000 orang
Meninjau Tambak Udang Terintegrasi di Pemalang (dari ka-ki): Syarkawi Rauf (Komut PTPN IX) , Afo Lim (Foss Group), Andi (Tim Ahli Foss Group) , Suharso Monoarfa (Menteri PPN/Kepala Bappenas), Tio Handoko (Dirut PTPN IX), Arsul Sani (Wakil Ketua MPR RI) dan Nurhayati ( DPR RI komisi IX), Minggu (03/10/2021).

Kordinasi ke pusat juga penting agar pengelola dan pemerintah daerah tidak mengambil kebijakan yang keliru.

Menurut Afo Lim, 260 ha tersebut akan dikembangkan dengan teknologi tinggi terbaru.

Dalam pelaksanaannya, akan diterapkan 3 sistem yang meliputi;

Pertama, adalah sistem Bioflok dengan tebar padat yakni 1m² tebar 3000 ekor benur.

Kedua, sistem Supra intensif (Semi Bioflok) dengan tebar padat 1m2 sebanyak 1000 benur dan ketiga, sistem intensif yang merupakan penggabungan antara sistem tradisional dan teknologi baru dengan tebar padat 1m² tebar 300 ekor benur.

“Ini merupakan sistem operasional tambak yang pertama di Indonesia.,” ujar Afo.

Dari total keseluruhan lahan seluas 260 ha, dijelaskan Afo lebih lanjut, akan terdiri dari 750 kolam budidaya, pengendapan (waduk ) seluas 35 ha yang akan memberi kesempatan kepada warga sekitar untuk ikut budi daya, dan hasil dari pembuangan limbah atau disebut (IPAL) sebesar 30 ha.

Baca juga :  PUPR Bangun Rusus Untuk Warga Papua

Dari IPAL tersebut difungsikan untuk Budidaya ikan bandeng dan ikan nila yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat, serta 2 ha untuk pembangunan pesantren dan diklat keahlian pertambakan.

“Dalam kawasan tambak integrasi ini akan dilakukan segala kegiatan dari hulu hingga hilir termasuk di dalamnya pembibitan benur, pakan, cold storage dan juga jeti untuk langsung ekspor,” ujar Afo, pria asal Bangka ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kantor Presiden Jokowi Sambut Baik Kehadiran SMSI

Pengurus SMSI pusat yang hadir antara lain adalah salah seorang

Menkeu Tekankan Pentingnya Inovasi Penyederhanaan Proses Bisnis

Roadshow yang diselenggarakan di Bandung kali ini merupakan yang pertama