HANJABA 2014, Upaya Penumbuhan Minat dan Budaya Membaca

Sunday 2 Nov 2014, 8 : 33 pm
by
Ilustrasi

Kedua, beroperasinya perpustakaan keliling dalam bentuk mobil pintar dan motor pintar untuk mendatangi masyarakat di perkampungan Jakarta.

Perpustakaan keliling ini dalam pantauan saya banyak diminati dan dinanti kehadirannya oleh masyarakat dan anak-anak pemanfaat perpustakaan keliling itu.

Meskipun jumlah unit perpustakaan keliling yang beroperasi melayani masyarakat terus saja berkurang lantaran masalah biaya operasional yang besar.

Padahal harusnya justru jumlah unit perpustakaan keilling yang beroperasi harus lebih banyak. Jangan sampai alasan besarnya biaya operasional perpustakaan keliling membuat kemanfaatannya berkurang lewat penciutan jumlah unit perpustakaan kelliling yang beroperasi.

Ketiga,  beroperasinya Permata (Perpustakaan Masyarakat Jakarta), berupa mobil kontainer yang dijadikan perpustakaan keliling yang memuat buku-buku secara lengkap. Kini mobil Permata beroperasi di Meseum Fatahillah dan Taman Mini dengan jumlah peminat dan anggota yang cukup mengembirakan.

Baca juga :  Tim Jokowi Sudah Tidak Efektif

Mobil kontainer Permata memuat sekitar 1500 koleksi buku dengan dilengkapi fasilitas ber-AC utk membaca di dalam kontainer, Wifi, tenda baca di luar kontainer itu dan lain-lain.

Salam Anak Nusantara.

Penulis adalah Taman Literasi Jaringan Anak Nusantara (TALI JARANAN)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BRI Peduli Salurkan Bantuan Cegah Stunting

Catur menambahkan, pemberian bantuan Antropometri Kit di Puskesmas juga merupakan

Laba Weha Transportasi Indonesia Naik 87% per September 2023

JAKARTA-PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) mencatat penjualan bersih sebesar