Hardjuno Wiwoho: Kasus Sukena di Bali Pertanda Timpangnya Penegakan Hukum Lingkungan

Thursday 12 Sep 2024, 7 : 53 pm
Ahli hukum Hardjuno Wiwoho

JAKARTA – Ahli hukum Hardjuno Wiwoho menyebutkan keadilan belum sepenuhnya berpihak kepada rakyat kecil, tercemin dari kasus yang menimpa warga Bali, I Nyoman Sukena.

Karena itu, perlu upaya semua pihak untuk mendorong bangsa Indonesia dapat menjalankan penegakan hukum secara utuh dalam mewujudkan keadilan bagi semua tanpa perkecualian.

“Penegakan hukum seringkali timpang bagi rakyat kecil dan lebih kuat berpihak kepada mereka yang dekat dengan kekuasaan dan uang,” ujar kandidat doktor di bidang Hukum dan Pembangunan Universitas Airlangga (Unair) dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (12/9)

Sebelumnya, I Nyoman Sukena, seorang warga Bali yang terancam lima tahun penjara karena memelihara landak Jawa, sebuah spesies yang dilindungi.

Baca juga :  Aksi Kekerasan Terhadap Mahasiswa Unpam Merupakan Kejahatan

Menurutnya, apa yang terjadi pada Sukena menunjukkan timpangnya penegakan hukum lingkungan di Indonesia.
Hal ini sekaligus mengkonfirmasikan kurangnya proporsionalitas dalam penerapan hukum.

“Seharusnya yang ditekankan adalah prinsip keadilan, bukan hanya hitam putih aturan yang tertulis dalam undang-undang,” terangnya.

Hardjuno mengatakan, kasus Sukena ini juga menjadi catatan penting bagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta pihak konservasi terkait sosialisasi aturan tentang satwa yang dilindungi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

DPP PDIP Akan Jalan Kaki Menuju KPU Untuk Daftar Pemilu 2024

JAKARTA-Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (DPP PDIP) akan mendaftarkan diri
IPO

Gelar IPO Akhir September 2023, Kokoh Exa Nusantara Incar Dana Rp72 Miliar

JAKARTA-PT Kokoh Exa Nusantara Tbk (KOCI), perusahaan di bidang konstruksi