Ibu-ibu Curhat Kepada Ketua KPAI di Jakarta, Suami dan Anak Jadi Korban Kekerasan PT TPL

Tuesday 3 Sep 2024, 10 : 33 pm
Komunitas masyarakat adat dari kawasan Danau Toba di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mencurahkan isi hati kepada Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Ai Maryati Solihah di Jakarta, Senin (2/9/2024) sore.

Jhontoni mengatakan, para ibu menangis karena merasakan kesedihan yang sangat mendalam.

Sebab begitu banyak rintangan yang mereka alami saat mempertahkanak hak atas wilayah adat. Lalu ada juga kekerasan yang dialami orangtuan dan anak-anaknya. Ini tentu mengakibatkan ketakutan atau trauma bagi anak-anak.

“Kita yang mendengar juga sangat sedih. Bukan saja karena mereka menangis, tapi mendengar cerita mereka tentang situasi dan kekerasan yang terjadi rasanya sangat menyedihkan dan membuat kita marah. Walaupun saya tidak meneteskan air mata, mendengar cerita itu sangat sedih,” ujar Jhontoni.

Ia berharap, aduan dan keluhan masyarakat kepada KPAI, kiranya menjadi bahan pertimbangan bagi  KPAI untuk segera mengambil peran dalam situasi konflik berlarut-larut di masyarakat adat Sihaporas.

Baca juga :  Petrus: PKS Berikan Karpet Merah Bagi Produser Hoaks

Sebab perjuangan mereka bukan hanya tentang tanah adat, tetapi saat ini juga menolak kekerasan dan penghilangan hak anak.

Memang berjuang untuk tanah adat, untuk wilayah adat yang tetap lestari yang akan diwariskan sebagai masa depan termasuk masa depan anak-anak.

Sebab  ada juga problema serius yang dihadapi anak-anak. Ada anak menjadi korban kekerasan, yang melihat situasi saat ayahnya ditangkap polisi.

Jhontoni berujar, “Dan ada juga, anak-anak yang kehilangan ayah karena bapaknya terpenjara. Atau ada anak-anak yang menjadi berjarak dengan bapaknya. Kita bisa bayangkan, anak sekolah, yang semula diantar-jemput bapak ke sekolah, tapi karena ayahnya ditangkap polisi, maka kasihan anak-anaknya tidak mendapat pendampingan saat menjalani pendidikan.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

OJK Luncurkan Aplikasi OJK-Box

Sehingga untuk itu diperlukan penyempurnaan terhadap proses pengawasan dengan memanfaatkan

Beton Monorel Bandara Soeta Uji Kekuatan

JAKARTA –PT Adhi Karya akan mencoba kemampuan dan kekuatan beton