Industri Sepeda Motor Indonesia Masih Nomor 3 Dunia

Tuesday 13 Oct 2015, 5 : 51 pm
by

JAKARTA-Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat angka penjualan sepeda motor pada 2015 ini turun 21% dibandingkan tahun sebelumnya. Anjloknya penujualan sepeda motor ini dipicu oleh perlambatan ekonomi di tanah air dan beberapa negara lain.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan, jumlah kendaraan bermotor roda dua yang diproduksi anggota AISI sepanjang tahun 2015 ini diperkirakan hanya mencapai 6,3 juta unit, atau turun dibanding tahun 2014 sebanyak 7 – 9 juta unit.

Dari kapasistas produksi sebanyak 9,6 juta unit hanya terpakai 65% saja.  Walau demikian, Indonesia tetap menjadi pemain nomor 3 didunia setelah RRC dengan 21 juta, India 15 juta, dan Indonesia di tahun 2011 mencapai 8 juta unit kendaraan terpasang. “Ini merupakan  jumlah yang mendukung skala ekonomi kita dan juga termasuk daya saing kita,” kata Gunadi kepada wartawan seusai bersama pengurus AISI dan GAIKINDO diterima oleh Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/10).

Baca juga :  Kemenperin Fokuskan Pemberian KUR Kepada IKM Penghasil Substitusi Impor

Menurut Gunadi, dengan kapasitas produk 9,6 juta, industri sepeda motor Indonesia telah  menyerap tenaga kerja dari hulu sampai hilir sebanyak 2 juta orang, termasuk mereka yang bekerja di bengkel industri, pendanaan, dan juga yang terlibat langsung dengan produksi. “Dengan 2 juta orang ini kita bisa mencapai 85%, jika ditanya sisanya 15% itu apa seperti di otomotif roda empat ternyata lingkupnya pada di komponen-komponen khusus yang merupakan bahan baku berupa baja, besi, plastik dan komponen bahan baku lainnya,” terang Gunadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Terima Gelar Doktor HC Dari Korsel, Airlangga: Jokowi Mentor Saya

KOREA SELATAN-Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menerima penghargaan Doktor Honoris

DBS Treasures Private Client Catat Peningkatan Aset 18%

JAKARTA-DBS Treasures Private Client pada kuartal II-2022 mencatat peningkatan total