Industri Sepeda Motor Indonesia Masih Nomor 3 Dunia

Tuesday 13 Oct 2015, 5 : 51 pm
by

Dia menambahkan, dukungan industri sepeda motor kepada negara berupa pajak baik ke daerah maupun ke pusat mencapai sekitar Rp 14 triliun.

Selain itu, jelasnya dari 6,3 juta penjualan sepeda motor tercatat pada 2014 telah dieskpor sebanyak 41.000 unit, dan tahun ini diperkirakan akan naik sekitar 440%. “Kami perkirakan dan meyakinkan kepada Presiden jika sampai 2019 ekspor kita akan mencapai 1.000%,” jelas Gunadi.

Menurut Gunadi, jika pada awalnya pasar sepeda motor ini di negara belum maju dan terbatas, namun saat ini ada trend  di negara maju yang biasa pasar sepeda motor besar 250cc keatas mulai beralih pada sepeda motor kecil karena penggunaannya yang lebih rasional. “Dan lagi negara maju ini jika mengeluarkan uang 1.000 dollar untuk membeli sepeda motor tidak ada artinya, sehingga saat ini perkembangan pasar motor di Eropa misalnya Jerman, Inggris, Belanda, dan lainnya cukup menggembirakan. Juga ekspor ke Jepang dan daerah Pasifik ini tetap merupakan hal yang akan dikejar oleh industri kami,” papar Gunadi.

Baca juga :  Garuda Masih Merugi Sekitar US$ 211,7 juta

Ketua AISI itu meyakini, 5-10 tahun lagi sepeda motor untuk jenis 100-150 cc akan menjadi produk yang diminati karena di Indonesia sepeda motor yang terjangkau akan menggerakkan kegiatan ekonomi. Karena itu, Gunadi yakin pasarnya akan tetap tumbuh. “Ternyata ada pergeseran keluar daerah Jawa karena pendapatan daerah Jawa juga meningkat. Jika komoditi diluar Jawa ini cukup bagus maka peningkatan pasar diluar Jawa ini akan cukup besar,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Covid-19 Bikin Ekonomi Terpuruk, Maksimalkan APBN-APBD Ketimbang Tambah Utang

Untuk itu, kerja sama antara Pemerintah dan masyarakat sangatlah penting

Komersialisasi Haji Penyebab Antrian Calon Jamaah

Sejauh itu kata Umam, tabungan haji itu berbeda dengan setoran