Inflasi April 2015 Capai 0,36%

Monday 4 May 2015, 9 : 12 pm
by

Penyebab kedua, lanjutnya, yakni bawang merah yang menyumbang inflasi sebesar 0,06 persen, bobot 0,53 persen dan kenaikan harga menginjak angka 11,58 persen. Ini karena pasokan bawang merah ke daerah-daerah yang kurang. “Kenaikan harga bawang merah terjadi di 79 kota IHK. Yang tertinggi terjadi di Meulaboh sebesar 41 persen dan Lhokseumawe 40 persen,” tambahnya.

Tarif angkutan dalam kota, lanjutnya, turut menyumbang inflasi sebesar 0,04 persen dengan bobot 2,81 persen. Ini karena ada penyesuaian tarif kenaikan BBM dan terjadi kenaikan di 18 kota IHK. “Di Tual yang paling tinggi sebesar 33 persen dan Serang 32 persen,” ucapnya.

Suryamin melanjutkan, penyebab selanjutnya yakni bahan bakar rumah tangga yakni elpiji yang menyumbang inflasi sebesar 0,03 persen, bobot 1,83 persen dan kenaikannya 1,88 persen. “Ini disebabkan karena kenaikan harga elpiji 12 Kg,” ujarnya.

Baca juga :  THR Jadi Pencitraan, Daerah Terbebani Anggaran

Penyebab kelima, jelasnya, yakni pada tarif kereta api yang menyumbang inflasi sebesar 0,03 persen, bobot 0,18 dan kenaikannya mencapai 20,94 persen. “Kenaikan harga terjadi di 21 kota IHK dengan tertinggi di Tegal 55 persen,” tuturnya.

“Keenam adalah gula pasir dengan andil 0,02 persen dan bobot 0,45 persen. Kenaikan harganya mencapai 3,02 persen. Ini Karena menipisnya stok gula dipasaran. Terjadi kenaikan di 72 kota IHK. Tertinggi di Tegal sebesar12 persen,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Presiden Perintahkan Ambil Alih Pembangunan Jalan Tol Yang Mangkrak

Terkait adanya gugatan pemilik lahan, menurut Presiden, yang paling penting
Perbankan Korporat CIMB Niaga telah menyalurkan kredit investasi sebesar Rp30,18 triliun, meningkat 11% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp27,25 triliun

Bank CIMB Niaga Jual Kembali Saham Treasuri Senilai Rp2,39 Miliar

JAKARTA-Manajemen PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) melakukan penjualan kembali