Inflasi Terjaga, Bapanas Konsisten Lakukan Pemantauan Pasokan dan Harga di Pasar

Friday 2 Aug 2024, 10 : 50 pm
. Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani saat meninjau Pasar Citeureup, Bogor Jawa Barat pada Kamis (1/8/2024).

Berdasarkan data BPS, inflasi pada Juli 2024 terjaga di 2,13 persen (yoy), secara bulanan terjadi deflasi sebesar 0,18 persen, melanjutkan tren deflasi sejak Mei 2024.

Deflasi ini terutama didorong oleh penurunan harga pada kelompok bahan pangan, antara lain bawang merah, cabai merah, tomat, dan bawang putih.

Dalam pemantauan pasar tersebut, NFA juga memastikan kualitas pangan di Pasar Citerep terbebas dari cemaran zat berbahaya, dengan melakukan uji sampel Keamanan pangan segar yang dilakukan oleh tim Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP).

“Hasil pemantauan hari ini, kami tidak menemukan kandungan zat berbahaya pada sampel yang kita ambil, zat formalin dan pestisida pada sejumlah bahan pangan yang diuji, Alhamdulillah hasilnya semua negatif, termasuk daging dan ikan,” jelas Rachmi.

Baca juga :  Pemerintah Kembangkan Pusat Pertumbuhan Ekonomi di Luar Jawa Bali

Aspek keamanan pangan segar ini juga menjadi concern Badan Pangan Nasional karena kita ingin memastikan pangan yang beredar ini aman baik dari sisi kandungan cemaran residu pestisida dan formalin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

GPRA Bagi Dividen Rp21,38 Miliar, Setara Rp5/Saham

JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Perdana

Dapat Harga Gas Kompetitif, Sektor Industri Semakin Ekspansif

Dari 13 sektor industri tersebut, ada 80 perusahaan yang sedang