Inovasi Pembiayaan Tingkatkan Minat Investor

Friday 11 Feb 2022, 4 : 39 pm
by
Kemitraan ini diharapkan mampu memenuhi komitmen Indonesia dalam mereduksi emisi gas rumah kaca sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 sebesar 29% dari Bussiness As Usual (BAU) dengan kemampuan sendiri, dan 41% dengan bantuan internasional.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arfin Tasrif

JAKARTA-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan inovasi pembiayaan akan meningkatkan minat investor terhadap pemanfaatan energi surya.

Hal itu disampaikan Menteri Arifin, melalui keterangan tertulisnya, usai peluncuran hibah pembiayaan Pembangkit Tenaga Listrik (PLTS) antara Kementerian ESDM dengan Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), pada Kamis (10/2/2022).

Arifin menuturkan, insentif PLTS atap ini menggunakan alokasi dana hibah sustainable energy fund atau pembiayaan energi berkelanjutan dari Global Environment Facility (GEF), dan akan dikelola maupun didistribusikan oleh Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

“Insentif pembiayaan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat memasang PLTS atap terutama pelanggan PLN pada kategori rumah tangga, bisnis dan industri skala kecil-menengah/UMKM, dan sosial (sekolah/bangunan pendidikan, rumah sakit, rumah ibadah),” urainya.

Baca juga :  DPR Minta Masyarakat Tak Panik Hadapi Kelangkaan LPG 3 Kg

Program ini diharapkan dapat mempercepat implementasi program PLTS atap secara masif dan berkontribusi terhadap capaian target energi baru terbarukan pada bauran energi nasional.

“Adanya insentif ini diharapkan dapat mencapai nilai keekonomian PLTS atap, sehingga investasinya menjadi lebih menarik dan dapat mendorong pemasangan PLTS atap secara masif dan berkontribusi pada pencapaian target energi baru terbarukan maupun penurunan emisi gas rumah kaca,” ujar Arifin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Presiden Jokowi Bertemu Pendiri dan CEO Lotte

KORSEL-Presiden Joko Widodo  bertemu dengan pendiri Lotte Group Shin Kyuk-Ho
BNI Syariah

Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Aceh Cukup Tinggi

ACEH-Daerah Istimewa Aceh merupakan salah satu provinsi yang mempunyai indeks