Jaga Ketahanan Sektor Keuangan, OJK Diminta Perkuat Ekosistem Digital

Tuesday 15 Dec 2020, 8 : 56 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Ekonom dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Sri Adiningsih berharap agar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera melakukan penguatan ekosistem keuangan digital, lantaran aktivitas ekonomi digital mulai berkembang pesat sejak masa pandemi Covid-19.

“Ekonomi digital tengah berkembang, karena kondisi pandemi telah mempercepat perkembangan aktivitas bisnis secara digital. Flight to digital terjadi di semua negara, termasuk Indonesia,” kata Sri Adiningsih dalam diskusi virtual “Infobank: Membangun Ekosistem Keuangan Digital” di Jakarta, Selasa (15/12).

Sri Adiningsih mengatakan, digitalisasi ekonomi yang berkembang pesat di masa pandemi akan terus berlangsung, sehingga OJK dan otoritas terkait lainnya diharapkan untuk segera membangun ekosistem digital nasional.

“Saat ini ekosistem atau pendukung ekonomi digital memang membaik, meski ketimpangan masih tinggi,” ucapnya.

Baca juga :  DPR Cemas Pendidikan Non Formal Tak Terurus

Lebih lanjut dia mengatakan, terciptanya ekosistem keuangan digital yang kuat akan mampu menjaga daya saing sektor keuangan dari pelaku jasa keuangan dari negara lain.

“Misalnya, perkembangan pada fintech lending memungkin siapa saja bisa melakukannya. Saat ini total pinjaman tersalurkan mencapai Rp137,6 triliun,” ujar Sri Adiningsih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Sesat Pikir Elit Bangsa, SDA Dikuasai Asing Bisa Sejahterakan Rakyat?

Oleh Ferdinand Hutahaean Sungguh sangat disayangkan bangsa yang besar ini

DPC Partai Demokrat Siap Panasi Mesin Pilgub

PROBOLINGGO-Kegaduhan elit politik di tubuh Partai Demokrat, tak membuat kader