Kendalikan Inflasi, Pemerintah Intensifkan Pemantauan Pangan

Monday 12 Aug 2024, 11 : 16 pm
Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo

Berbagai intervensi stabilisasi terus diupayakan antara lain penyaluran bantuan pangan, Gerakan Pangan Murah (GPM), hingga Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP).

Per 9 Agustus 2024 penyaluran bantuan pangan beras tahap pertama telah mencapai 658.052 ton (99,69%), sedangkan tahap kedua 652.188 ton (98,95%).

Adapun untuk tahap ketiga, (Agustus, Oktober, dan Desember) sudah dimulai di beberapa daerah yang telah selesai melakukan verifikasi dan validasi data penerima manfaat.

Selanjutnya GPM terus dilaksanakan di berbagai daerah baik menggunakan dana APBN, APBD, maupun secara mandiri.

Sesuai laporan dari yang dihimpun, sepanjang tahun 2024 telah dilaksanakan GPM sebanyak 6.292 kali di 37 provinsi dan 450 kab/kota.

Sementara itu FDP dilaksanakan untuk meminimalisir disparitas harga pangan antardaerah khususnya untuk komoditas beras, daging ayam ras, telur ayam ras, cabai rawit merah, cabai merah keriting, gula, bawang putih, dan bawang merah.

Baca juga :  Pasar Otomotif Indonesia Menggeliat

Hingga saat ini telah didistribusikan 182,6 ribu kg bahan pangan segar dari daerah sentra ke wilayah konsumen yang mengalami fluktuasi harga.

Lebih lanjut Nyoto menjelaskan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi, juga bermanfaat bagi seluruh pihak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Produsen Gas Industri Nasional Mampu Suplai Kebutuhan Dalam Negeri

Menperin menambahkan, seiring dengan tumbuhnya aktivitas hilirisasi industri berbasis mineral,

Chandra Irawan: Bahaya Sampah Jadi Ancaman Bagi Kehidupan Rakyat Lumajang

Kegiatan ini digelar di Jatiroto Kabupaten Lumajang. Diharapkan, masyarakat mampu