Kesehatan Lahan Pertanian Jawa Terus Turun

Monday 22 Sep 2014, 1 : 35 pm
bengazul.blogspot.com

JAKARTA-Kondisi kesehatan lahan pertanian di Jawa terus menurun. Karena itu  perlu cara pengolahan tanah yang lebih baik. “Kan dulu memang lahan pertanian di Pulau Jawa di genjot supaya produksinya meningkat,” kata Peneliti Utama Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Kementerian Pertanian, Irsal Las,  Senin, (22/09/2014).

Lebih jauh Irsal menambahkan lahan pertanian itu harus juga diolah pada lapisan lebih dalam. “Traktor yang sekarang digunakan oleh petani kita hanya mencapai sekitar lapisan 20 centimeter. Itu harus ditraktor hingga kedalaman lebih, setiap tiga musim sekali sekitar 30 centimeter harus juga diolah agar kesuburannya lebih baik,” ujarnya

Menurut Irsal, turunnya kodisi kesehatan lahan pertanian di Pulau Jawa itu, mema ng tidak lepas dari akibat gerakan swasembada pangan yang telah dilakukan oleh pemeritahan orde baru sebelumnya. “Pada masa itu memang berbagai upaya dilakukan agar lahan pertanian mampu digunakan untuk bercocok tanam dalam jumlah yang jauh lebih sering,” terangnya.

Baca juga :  KKP Gelontorkan Bantuan Modal Pelaku Usaha Rp1,2 Triliun

Irsal menegaskan dengan kondisi seperti sekarang, maka tingkat produktifitasnya akan semakin menurun dari waktu ke waktu. “Memang lahan yang di Jawa ini perlu perhatian,”tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Perusahaan Multifinance Lomba Ekspansi

JAKARTA – Kalangan industri pembiayaan (multifinance) melihat bisnis otomotif tetap

Obituari: Fahmi Idris, Pengabdian Tanpa Batas Usia

Oleh: Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita Dalam kapasitas sebagai