Kesehatan Lahan Pertanian Jawa Terus Turun

Monday 22 Sep 2014, 1 : 35 pm
bengazul.blogspot.com

Hasil penelitian yang dilakukannya, lanjut Irsal, hampir lebih dari separuh lahan pertanian di Pulau Jawa sudah pada kondisi yang tidak normal lagi. Sehingga, langkah-langkah kongrit yang bersifat jangka pendek sudah harus dilakukan jika hasil produksi ingi tetap baik. “Ya sekitar 50 sampai 60 persen lahannya harus diberi perhatian khusus,” imbuhnya

Tindakan jangka pendek yang harus dilakukan terhadap lahan pertanian tersebut, jelas Irsal, adalah dengan memberikan pupuk lebih banyak dari kondisi normal. Tentunya, petani harus menanggung akibat melonjaknya biaya produksi dengan penambangan jumlah pupuk tersebut. “Ya jumlah pupuknya harus ditambah,” jelas Irsal.

Tidak hanya itu, Irsal juga menyarankan digunakannya pupuk organik terhadap lahan pertanian di Pulau Jawa tersebut. Sebab, dengan digunakannya pupuk organik, tingkat kesehatan lahan tadi diharapkan akan kembali pulih. Meskipun untuk mencapai kondisi pulih sediakala memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. “Pupuk berimbang juga harus diberikan. Seperti menggunakan pupuk organik ataupun kandang,” pungkasnya. (ek)

Baca juga :  Inflasi di Tangerang Capai Sekitar 0,39%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BI

Cadangan Devisa November 2019 Stabil

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia tercatat 126,6

Terangi 10 Destinasi Wisata Nasional, Pemerintah Manfaatkan Tenaga Surya

Untuk mencapai target 23% pada 2025 tersebut Saleh memaparkan setidaknya