Kolaborasi dan Inovasi Kunci UMKM Naik Kelas

Saturday 24 Aug 2024, 11 : 55 am
Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga

JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengatakan, kolaborasi dan inovasi merupakan dua kunci utama untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas.

Kolaborasi UMKM dengan ritel modern dan lokapasar diharapkan dapat meningkatkan akses pemasaran bagi pelaku UMKM di dalam negeri.

Sementara itu, inovasi produk dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dibutuhkan agar UMKM tetap kompetitif di pasar global.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat menutup Sampoerna Festival UMKM 2024 di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Jumat (23/8).

Festival UMKM yang berlangsung pada 20—23 Agustus 2024 ini mengusung tema “Kreasi Nusantara Kebanggaan Indonesia”.

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo dan jajaran Direksi Utama (Chief Executive Officer/CEO) Unit Bisnis Sampoerna.

Baca juga :  Pertumbuhan Ekonomi Hanya Dinikmati 20% Masyarakat Terkaya

“Kolaborasi dan inovasi adalah kunci utama agar UMKM naik kelas. Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk mendorong kolaborasi tersebut melalui program kemitraan UMKM dengan ritel modern dan lokapasar. Selain itu, inovasi dibutuhkan agar UMKM tetap kompetitif di pasar global,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Lion Air Catatkan Kinerja Ketepatan Waktu 85,97%

JAKARTA-Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group

Bebas Visa Bisa Dongkrak Industri Pariwisata?

JAKARTA–Industri pariwisata diyakini bisa menjadi andalan pemerintah untuk mendulang dolar.