Kolaborasi dan Inovasi Kunci UMKM Naik Kelas

Saturday 24 Aug 2024, 11 : 55 am
Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga

Dia mengungkapkan, program kemitraan UMKM merupakan upaya Kementerian Perdagangan untuk menjembatani kerja sama pemasaran antara UMKM dengan ritel modern.

Hal ini dilakukan agar UMKM dapat memasok dan memasarkan produk lokal melalui gerai atau jaringan ritel modern.

“Ritel modern telah memiliki jaringan penjualan yang sangat luas dengan sistem distribusi yang efisien. Produk lokal yang terfasilitasi melalui program kemitraan UMKM diharapkan dapat menambah cakupan pemasaran produknya,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, saat ini pemerintah juga telah menetapkan kebijakan terkait perdagangan melalui sistem elektronik.

Hal itu tertuang di dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023.

Peraturan tersebut diberlakukan untuk mendorong pertumbuhan niaga-el (ecommerce)secara sehat pada era ekonomi digital dan meningkatkan pemberdayaan pelaku usaha dalam negeri, khususnya UMKM.

Baca juga :  Peluang Pasar Obligasi di Akhir Siklus Kenaikan Suku Bunga

Selain itu, peraturan ini dibuat untuk perlindungan kepada konsumen.

“Pemerintah mengatur agar tidak terjadi persaingan usaha yang tidak sehat. Contohnya, penjualan di bawah harga modal atau predatory pricing serta penjualan produk impor yang tidak sesuai dengan ketentuan. Tidak hanya itu, pemerintah juga mengatur agar tidak terjadi penyalahgunaan penguasaan data dan ketidaksetaraan perlakuan antarpedagang niaga-el atau unequal playing field,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Indeks Keyakinan Konsumen April 2021 Makin Optimistis

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) merilis hasil Survei Konsumen (SK) April 2021

Ini Strategi Ganjar Sejahterakan Guru

Bentuk komitmen itu telah ditegaskan Ganjar-Mahfud dalam 21 program prioritasnya,