Laras Febriany: Stabilitas Rupiah Mempengaruhi Arus Dana Asing ke Pasar Obligasi

Wednesday 18 Sep 2024, 12 : 44 pm
Portfolio Manager, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Laras Febriany

Stabilitas Rupiah dapat mempengaruhi arus dana asing ke pasar obligasi. Lantas bagaimana pandangan Anda terhadap potensi stabilitas Rupiah ke depannya?

Secara historis, periode pemangkasan suku bunga The Fed adalah kondisi yang negatif bagi USD. Sejak tahun 1990, terdapat delapan siklus pemangkasan suku bunga The Fed, dan secara rata-rata nilai tukar USD melemah 1,1% dalam periode tersebut. Kondisi pelemahan USD ini harusnya dapat menjadi faktor yang suportif bagi stabilitas Rupiah.

Namun terdapat kondisi menarik, di mana pemangkasan suku bunga The Fed yang dipicu oleh kondisi resesi AS justru mendorong penguatan USD, seperti di tahun 2001, 2007, dan 2020, karena kondisi resesi meningkatkan permintaan USD sebagai aset safe haven. Jadi potensi terjadinya resesi AS dapat menjadi tantangan bagi stabilitas nilai tukar Rupiah ke depannya, di tengah naiknya ekspektasi pemangkasan suku bunga oleh  The Fed.

Baca juga :  John Palinggi: Presiden Jokowi Sangat Brilian Menarik Investasi

Selain itu faktor lain yang dapat mempengaruhi Rupiah ke depannya adalah dinamika kondisi domestik dari inflasi, kinerja neraca perdagangan, dan kebijakan ekonomi  pemerintah baru

Bagaimana pandangan Anda terhadap risiko resesi AS, terutama setelah indikator resesi ‘Sahm Rule’ yang secara historis akurat memprediksi resesi telah terpicu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Relawan Ninja

Suhadi: Pertemuan Jokowi-Prabowo Bercorak 4 Pilar Kebangsaan

“Dari pertemuan itu, kita mendapatkann penguatan untuk rekonsiliasi politik setelah

Kemendag Inisiasi Ekspor Benang ke Brasil Senilai USD 1 Juta

Total ekspor produk benang Indonesia ke dunia pada 2015 mencapai