Laras Febriany: Stabilitas Rupiah Mempengaruhi Arus Dana Asing ke Pasar Obligasi

Wednesday 18 Sep 2024, 12 : 44 pm
Portfolio Manager, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Laras Febriany

Sahm rule adalah indikator yang digunakan untuk mengidentifikasi awal dari resesi ekonomi berdasarkan kenaikan tingkat pengangguran.

Indikator Sahm terpicu di bulan Juli, mencapai level 0,53 poin persentase, setelah tingkat pengangguran AS melonjak ke level 4,3%, yang merupakan level tertinggi sejak Oktober 2021, dan ini menjadi perhatian pasar yang khawatir terhadap risiko resesi.

Meskipun demikian, yang perlu diperhatikan adalah penyebab naiknya tingkat pengangguran.

Pada kondisi resesi, tingkat pengangguran cenderung meningkat karena perusahaan mengurangi jumlah pegawai untuk efisiensi.

Namun kondisi saat ini, kenaikan pengangguran lebih disebabkan oleh meningkatnya angkatan kerja (labor force participation naik), sementara tingkat PHK di AS masih rendah.

Oleh karena itu kami memandang terpicunya Sahm rule saat ini bersifat semu. Selain itu, berdasarkan konsensus Bloomberg, probabilitas resesi AS 12-bulan ke depan di level 30%, turun dari probabilitas 50% di awal tahun.

Baca juga :  An Old Man Telling Me about Wars

Apakah ada potensi Bank Indonesia memangkas suku bunga lebih dulu dari The Fed, mengingat Rupiah sudah menguat dan inflasi domestik rendah?

Di rapat BI bulan Agustus BI menegaskan fokus kebijakan di triwulan 3 adalah untuk memperkuat stabilisasi Rupiah, sementara pemangkasan suku bunga baru berpotensi terjadi di triwulan 4. Pernyataan ini menjadi sinyal kuat bahwa BI belum akan bergerak di bulan September mendatang, menantikan pergerakan The Fed.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Perumnas Perlu Bantu Bangun Rumah Karyawan BUMN

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya karena bisa menyatukan BUMN yang sebelumnya

Industri Sepeda Motor Indonesia Masih Nomor 3 Dunia

  Baca juga :  Sponsored Post