Lebih Dari 1,2 Miliar Malware Online, Ini 5 Tips Keamanan Menghindarinya

Monday 20 Feb 2023, 5 : 27 pm
AV-Test Institute
  • Adware.

Perangkat lunak ini serupa dengan program pengintaian. Meskipun tidak bermaksud untuk mencuri kredensial Anda, tetapi program ini mengumpulkan informasi tentang aktivitas web, minat, teman, tempat Anda tinggal atau bepergian, dan kemudian menjual informasi tersebut kepada pengiklan. Dalam beberapa kasus, adware secara otomatis mengunduh atau menayangkan iklan kepada Anda.

  • Trojan.

Trojan biasanya menyamar sebagai perangkat lunak yang mungkin ingin diunduh pengguna secara gratis, seperti game, aplikasi, program, dan layanan bajakan. Ketika diluncurkan, trojan mengambil alih sistem dan merusak komputer atau mencuri informasi sensitif.

  • Worm.

Program jahat ini akan mengeksploitasi kerentanan pada program dan sistem operasi untuk menginstal dirinya sendiri ke dalam jaringan. Begitu masuk, ia tidak hanya akan mencuri informasi sensitif, tetapi juga dapat digunakan oleh peretas untuk meluncurkan serangan DDoS, serangan ransomware, dan menyalin dirinya sendiri ke komputer lain di jaringan.

  • Virus.
Baca juga :  Digitalisasi Madrasah, Menag dan Menkominfo Luncurkan Platform Mandiri Belajar

Seperti halnya worm, virus dapat mencuri informasi sensitif dan melancarkan berbagai serangan siber. Namun, virus selalu menjadi bagian dari suatu aplikasi dan tidak dapat mengeksekusi atau menginfeksi komputer lain di jaringan kecuali jika program induknya berjalan.

Lima tips keamanan untuk menghindari malware di tahun 2023

Apa pun program malware di atas, sebaiknya hindari program tersebut di komputer Anda.

Selain mencuri informasi pribadi dan merusak perangkat Anda, berbagai malware dapat menyerang komputer lain dalam jaringan.

Hal ini bisa menjadi bencana besar jika yang terkena adalah koneksi jaringan kantor, karena dapat menyebabkan kebocoran data besar yang berdampak pada perusahaan dan klien Anda.

Baca juga :  TIF Resmi Kelola Operasional Jaringan Konektivitas Telkom Indonesia

Berikut adalah lima tips keamanan dari OctaFX yang akan membantu Anda menghindari malware secara online:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

OJK: Sudah Ada Emiten BUMN Ajukan Buyback Saham

Muliaman menjelaskan, dorongan buyback saham tersebut bukan dikategorikan sebagai intervensi

Induk Dukung Ekosistem Digital Syariah, Saham BTPS Melambung di Sesi Pagi

Analis PT RHB Research Sekuritas Indonesia, Shelly Setiadi menyatakan bahwa