MAMI Salurkan Dana Purifikasi Reksa Dana Syariah MSSI Untuk Renovasi Jembatan di Bogor

Friday 27 Sep 2024, 4 : 34 pm
Nanda Meiliza Puspita, Anggota Dewan Pengawas Syariah PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) (kedua dari kanan), R. Budi Ginanjar, Anggota Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) MAMI (kedua dari kiri), Noer Madya Eka JR, Lurah Sukahati (paling kiri), dan Deddy Djohan, Badan Permusyawaratan Desa Kedung Waringin, saat seremonial peresmian Jembatan Pagersi, yang menghubungkan dua kawasan, yaitu Desa Sukahati di Cibinong dengan Desa Kedung Waringin di Bojonggede, Bogor, Kamis (26/9).

JAKARTA – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menyalurkan dana purifikasi sebesar Rp217 juta dari reksa dana syariah Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI) untuk merenovasi Jembatan Pagersi di Bogor, Jawa Barat.

Pengerjaan renovasi jembatan yang menghubungkan dua kawasan, yaitu Desa Sukahati di Cibinong dengan Desa Kedung Waringin di Bojonggede, Bogor, pengerjaannya memakan waktu dua bulan dari Juli hingga September 2024, program ini merupakan bentuk pemeliharaan secara berkelanjutan dari program serupa yang telah dilaksanakan tahun lalu.

Justitia Tripurwasani, Direktur dan juga Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (“UPIS”) MAMI mengatakan, “Penyaluran dana purifikasi ini menjadi wujud komitmen kami dalam menjalankan aktivitas bisnis, khususnya terkait produk reksa dana syariah. Dalam pengelolaan reksa dana syariah di MAMI, pendapatan yang diperoleh dari  kegiatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah akan dikeluarkan dari portofolio reksa dana syariah, dimana hasilnya kami salurkan dan manfaatkan untuk kepentingan masyarakat umum.

Baca juga :  Darmin: Peraturan Pelaksanaan Biodiesel 20 Siap Ditandatangani

Proses purifikasi dilakukan di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah (“DPS”), lanjut Justitia, hal ini untuk memastikan seluruh reksa dana syariah MAMI terbebas dari unsur kekayaan yang bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Penyaluran dan pemanfaatan dana purifikasi umumnya dilakukan dalam bentuk suatu kegiatan/aktivitas yang tidak menutup kemungkinan dilakukan secara berkesinambungan tidak hanya berhenti pada pembangunan tapi juga pemantauan dan pemeliharaan, seperti pada renovasi Jembatan Pagersi kali ini yang melanjutkan program serupa di tahun 2023.

Mohammad B. Teguh, Ketua DPS MAMI mengatakan, “Tugas kami di DPS adalah melakukan pengawasan terhadap seluruh reksa dana syariah yang diterbitkan dan dikelola MAMI, termasuk memastikan bahwa pengelolaannya telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Salah satu yang aspek yang diawasi oleh DPS antara lain proses purifikasi pada reksa dana syariah, tujuannya agar tidak bertentangan dengan prinsip syariah dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga :  Penataan KSPN Labuan Bajo Telan Dana Rp 902,47 Miliar

Sumber dana pengerjaan renovasi Jembatan Pagersi seluruhnya berasal dari dana purifikasi reksa dana MSSI, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan dan merawatnya dengan bijak, serta mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.”

Dalam program renovasi Jembatan Pagersi kali ini, MAMI dibantu oleh Dompet Dhuafa Social Entreprise (Dompet Dhuafa) sebagai pelaksana program.

“Jembatan Pagersi telah lama menjadi sarana infrastruktur penting bagi masyarakat Bojonggede, Bogor. Tahun lalu, Dompet Dhuafa telah menyelesaikan pengerjaan renovasi Jembatan Pagersi, serta mengganti rangka serta material jembatan dan memperlebar jembatan agar jembatan bisa dilalui dengan leluasa oleh kendaraan bermotor. Untuk pengerjaan kali ini, kami memperkuat posisi pondasi jembatan, sehingga harapannya masyarakat bisa memanfaatkan jembatan dengan lebih lama,” terang Herdiansah selaku Direktur Dompet Dhuafa Social Entreprise.

Baca juga :  Wings Air Akan Mengudara ke Pangkalan Bun dari Surabaya

Sejak tahun 2016 hingga 2023, MAMI telah menyalurkan total dana purifikasi sejumlah lebih dari Rp2,6 miliar ke berbagai wilayah di Indonesia untuk program pembangunan/renovasi infrastruktur dan fasilitas umum.

Reksa dana MSSI merupakan reksa dana syariah pertama di Indonesia yang membagikan dividen bagi para investornya.

Per Agustus 2024, MAMI memiliki sembilan reksa dana syariah dengan dana kelolaan tercatat sebesar Rp3,4 triliun, salah satu manajer investasi dengan dana kelolaan syariah terbesar di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Rupiah Melemah, Menkeu Koordinasi Dengan BI dan OJK

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengaku terus mencermati pergerakan mata

Arwana Citramulia Buy Back Saham Senilai Rp100 Miliar

JAKARTA-PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berencana melakukan aksi korporasi di