Mendag Musnahkan Minol dan Barang Tidak Sesuai Ketentuan Senilai Rp20,23 Miliar

Monday 19 Aug 2024, 8 : 00 pm
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor melakukan konferensi pers tentang hasil pengawasan kegiatan perdagangan yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (19 Agustus).

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) tetap konsisten menindak semua pelanggar aturan di sektor perdagangan.

Pada Senin (19/8), Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memimpin pemusnahan minuman beralkohol (minol) dan barang tidak sesuai ketentuan lainnya senilai Rp20,23 miliar.

Barang tidak sesuai ketentuan tersebut merupakan temuan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor serta hasil pengawasan Direktorat Tertib Niaga, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan.

“Total barang yang tidak sesuai ketentuan yang dimusnahkan mencapai Rp20,23 miliar. Barangbarang tersebut tidak memiliki Laporan Surveyor (LS), Nomor Pendaftaran Barang (NPB), Standar Nasional Indonesia (SNI), serta Persetujuan Impor (PI); dan melebihi kuota impor,” tegasnya.

Baca juga :  HPE Tambang Periode April Turun

Barang yang tidak memiliki LS, NPB, dan SNI, yaitu mesin gerinda, mesin bor, ponsel, tablet, panci presto elektrik, dan mesin cuci mobil.

Barang yang tidak memiliki NPB dan SNI, yaitu produk kotak kontak saklar, ketel listrik, dan selang kompor.

Barang yang tidak memiliki LS, yaitu ban, barang tekstil sudah jadi lainnya, elektronika, dan plastik hilir.

Barang yang tidak memiliki PI dan melebihi kuota impor, yaitu produk kehutanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Dari 20 Kandidat, Popularitas Ahok Capai 92,56%

JAKARTA-Popularitas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ternyata masih

FSP BUMN Bersatu Akan Kirim surat ke Jokowi

JAKARTA-Demi mendukung jalannya Nawacita dan Trisakti yang dicanangkan Presiden Joko