OTT Hakim Medan, Mengubah Tantangan Jadi Tentengan

Thursday 30 Aug 2018, 4 : 38 pm

*) Azmi Syahputra

Tertangkapnya sejumlah Hakim Pengadilan Negeri Medan dengan barang bukti ratusan ribu dolar Singapura, Selasa lalu (28/8/2018) menunjukkan betapa sistemik rusaknya perilaku aparat peradilan. Apalagi yang tertangkap itu tidak main-main, Ketua Pengadilan dan Wakil Ketua PN beserta anggota majelis serta panitera. Ini jelas membuktikan ada niat dan keinginan yang sama dari aparatur pengadilan untuk berbuat curang. Mereka ini “segerombolan” pemegang kekuasaan peradilan malah sepakat menjual kewenangannya. Ini jelas mengubah tantangan menjadi tentengan.

Hakim dan lembaga peradilan itu merupakan penyelesai masalah, namun malah jadi bagian dari masalah. Oknum hakim tipe seperiti ni, tidak pernah jelas. Padahal sudah banyak hakim yang kena Operasi Tangkap Tantangan (OTT) KPK. Bahkan rasa malunya sudah tidak ada. seharusnya dengan puluhan kasus hakim yg ditangkap jadi alarm penyadar untuk mawas diri dan berbuat terbaik dalam kinerjanya. Negara hukum Indonesia itu baru akan terwujud jika pembelajar hukum dan aparatur hukumnya berkontribusi nyata dan positif untuk menegakkan dan menjaga wibawa hukum jika sebaliknya akan hanya ilusi semata dan negara hukum tersebut tidak akan terwujud.

Baca juga :  Otto: Nuansa Politis Kental, Masyarakat Wajib Kawal Kasus Ahok
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Respons Usulan Kementerian BUMN, Sejumlah Ekonom Nilai BBTN Layak Terima PMN

BBTN Realisasikan Penyaluran Subsidi Bunga dari Program PEN Senilai Rp2,49 Triliun

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) hingga akhir Kuartal

Manjakan Nasabah Jelang Imlek, Bank Mandiri Tebar Promo dan Diskon

JAKARTA-Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, Bank Mandiri menggelar program promo