Pasar Saham Domestik Terpukul Suku Bunga Tinggi

Wednesday 14 Aug 2024, 4 : 35 pm
by
Chief Investment Officer, Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Samuel Kesuma, CFA

JAKARTA – Chief Investment Officer, Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Samuel Kesuma, CFA, mengatakan minat terhadap pasar saham domestik sejauh ini terpukul oleh era suku bunga tinggi yang membuat risk-free asset menjadi sangat menarik.

Pandangan tim investasi MAMI ini disampaikan secara daring dalam acara Indonesia Market Update: Wind of Change, Rabu (14/8).

Seiring siklus penurunan suku bunga, kondisi akan berubah dan membuat pasar saham kembali atraktif dilihat dari sudut pandang risk-return yang ditawarkan.

Hal ini didukung oleh harapan kebijakan pro pertumbuhan pemerintahan baru Minat investor terlihat meningkat, terutama dari investor asing yang sudah lebih dulu berinvestasi ke pasar dan membuat posisi arus dana asing kembali positif.

Baca juga :  Mau Go Private, Pengendali CNTX Siap Beli Saham Investor Publik Rp400/Unit

Saat ini, lanjut Samuel, ada beberapa sektor yang bisa menjadi pertimbangan.

Sektor finansial menjadi yang berpotensi diuntungkan oleh arus dana asing (dimana saham-saham big cap biasanya menjadi pilihan pertama), dan di lain pihak likuiditas perbankan juga mulai terlihat stabil.

Sektor selanjutnya adalah telekomunikasi, baik itu perusahaan penyedia jasa (operator) maupun menara (tower).

Dari sisi valuasi dipandang masih tetap menarik.

“Dan terakhir adalah sektor consumer staples atau yang lebih dikenal dengan FMCG (fast-moving consumer goods), yaitu sektor-sektor yang memproduksi barang-barang kebutuhan harian,” jelasnya.

Adapun untuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), MAMI memperkirakan akan mencapai level 7.800 di akhir tahun 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Selangkah Lagi Kylian Mbappe Sah Milik Real Madrid

MADRID – Selangkah lagi Kylian Mbappe menjadi pemain Real Madrid.

Yogyakarta Menggebrak, Kampung Wisata Langenastran Dideklarasikan

YOGYAKARTA-“Langenastran Yogyakarta Sebagai Kampung Wisata Budaya” dideklarasikan oleh sesepuh dan