Paus Fransiskus Harus Membebaskan Masyarakat Adat di Indonesia Dari Segala Bentuk Kekerasan dan Perampasan Hak

Tuesday 3 Sep 2024, 11 : 25 pm
Paus Fransiskus

JAKARTA – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) telah mengirimkan surat kepada Paus Fransiskus terkait perampasan wilayah adat oleh perusahaan milik Keuskupan Maumere dan Larantuka di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Masyarakat Adat suku Soge Natarmage dan Suku Goban Runut di Kabupaten Sikka, NTT wilayah adatnya dirampas oleh Belanda sewaktu menjajah Indonesia dan dialihkan Hak Guna Usaha (HGU) kepada Keuskupan Agung Ende melalui PT. Perkebunan Kelapa Diag (PKD), yang hingga saat ini dialihkan kepada Keuskupan Maumere melalui PT. Kristus Raja Maumere.

Hingga sekarang Keuskupan Maumere masih berusaha mengajukan pembaruan HGU ke Kementerian ATR/BPN.

Namun ditunda karena ada keberatan dari Masyarakat Adat suku Soge Natarmage dan Suku Goban Runut.

Baca juga :  Bela Pemerintah, Golkar Bendung Usul Angket Freeport

Hal serupa juga terjadi terhadap Suku Tukan di Kabupaten Flores Timur.

Wilayah adat mereka seluas 218 hektar dirampas oleh Keuskupan Larantuka melalui HGU PT. Reinha Rosari. Dan saat ini, sebanyak 256 kepala keluarga Masyarakat Adat dari total 454 kepala keluarga yang sedang berjuang untuk mendapatkan kembali tanah adatnya.

 

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia dalam rangka perjalanan Apostolic diharapkan menjadi angin segar bagi Masyarakat Adat ditengah memburuknya situasi hukum dan kebijakan di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BI Donasikan Alkes Penanganan COVID-19 Rp13,75 Miliar

JAKARTA-Gugus Tugas Nasional kembali menerima donasi untuk menangani pandemi COVID-19.

PNS Terpidana Korupsi Harus Diberhentikan Dengan Tidak Hormat

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar Pegawai Negeri