PBNU: PKB Didirikan Untuk Bangsa, Bukan Untuk Cak Imin

Sunday 28 Jul 2024, 2 : 25 am
by
Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Sulaeman Tanjung. Sulaeman Tanjung

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menegaskan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didirikan untuk bangsa, bukan untuk Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan segelintir elit serta keluarganya.

Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Suleman Tanjung menilai PKB saat ini telah melenceng dari tujuan awal pendirian dan hanya dikuasai oleh segelintir elit serta keluarganya.

“PBNU melihat ada upaya dari segelintir elit PKB yang ingin membelokkan sejarah dan ingin menjauhkan PKB dari NU,” ujar Suleman dalam Rapat Pleno PBNU di Jakarta, Sabtu, seperti dikutip ANTARA dari keterangan tertulis resmi.

Maka dari itu, kata dia, PBNU menginginkan segera adanya pembentukan panitia khusus (pansus) tentang PKB karena melihat adanya gejala pembelokan sejarah PKB yang dilakukan segelintir elit PKB.

Baca juga :  Intan PAN: Mahar Politik Tidak Ada, PAN Dukung Prabowo-Sandi Tanpa Syarat

Pembicaraan informal dari para pengurus tentang rencana pembentukan pansus atau Tim Lima tentang PKB pun, kata dia, turut mewarnai Rapat Pleno PBNU yang digelar pada 27-28 Juli 2024.

“Para peserta rapat pleno dalam pembicaraan informal umumnya sepakat PBNU menginginkan agar PBNU menyikapi perilaku dan pernyataan elit-elit PKB,” ucap dia.

Untuk itu saat penutupan rapat pleno, Minggu (28/7), Suleman menyatakan pihaknya akan mengumumkan pembentukan Pansus PKB untuk mengembalikan PKB ke rumah aslinya, yaitu NU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Wamenkeu: Tak Ada Niat Pemerintah Kutip Pajak Sembako

JAKARTA-Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) menegaskan pemerintah tidak ada niat untuk

Kasus Asuransi Jiwasraya, DPR Siap Bentuk Pansus

JAKARTA-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendorong pembentukan panitia khusus (pansus) sebagai