PDIP: Gereja dan Masjid Itu Rumah Tuhan, Wajib Dijaga Oleh Pemeluknya

Thursday 15 Oct 2015, 12 : 42 pm
by
Politisi PDI Perjuangan, Said Abdullah

JAKARTA-Anggota Fraksi PDI Perjuangan, DPR, Said Abdullah menegaskan  bangsa Indonesia tidak boleh dikapling-kapling hanya karena perbedaan keyakinan (agama). Pasalnya, semua agama mempunyai hak yang sama dan setara sehingga wajib hukumnya bagi semua anak bangsa untuk saling melindungi.  Karena itu, benih-benih sektarian harus segera dipadamkan dan dikubur dalam-dalam  serta tak boleh hidup di bumi pertiwi ini. “Merawat Indonesia, sesungguhnya ditandai dari sikap dan perilaku positif yang cerdas dari seluruh elemen bangsa terhadap keragaman agama kita.  Kekuatan kita adalah kekuatan yang dijalin dari perbedaan suku, agama dan daerah. Dan Indonesia bukan Timur Tengah,” jelas Said  terkait pembakaran sejumlah gereja  di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh di Jakarta,Kamis (15/10).

Baca juga :  DPD-DPR Didorong Terus Bangun Komunikasi Politik

Menurutnya, iman dari setiap pemeluk agama melarang mengganggu tempat peribadatan pemeluk agama lain. Iman sejatinya mengantarkan umatnya pada sikap toleran dan eksistensi damai. Karena itu, semua pemeluk agama wajib hukumnya  menjaga agar agama tidak dijadikan sumber konflik.  “Agama menuntun kita pada pencerahan. Negeri ini tidak boleh dikapling-kapling karena perbedaan keyakinan,” tegasnya.

Apalagi, jelasnya, konstitusi memberi peluang luas bagi warganya untuk ekspresi sesuai keyakinannya. Para pendiri Republik sadar bangsa di Nusantara ini amat beragam. Kebhinekaan bukan barang baru dan telah ada sejak negara ini belum lahir. Kebhinekaan di Nusantara adalah fakta, bukan masalah. Namun  sungguh ironis apabila ekspresi keyakinan itu justru ingin menyingkirkan perbedaan atau kebhinekaan yang sudah lama ada. “Kita beruntung, dan bersyukur, bahwa para pendiri republik ini, terutama Bung Karno, telah menyumbangkan sebuah fondasi kebangsaan, yakni Pancasila,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemerintah Lanjutkan Insentif PPN DTP

JAKARTA-Dukungan pemerintah kepada sektor perumahan terus berlanjut. Hal ini ditunjukkan
PT Pixel Perdana Jaya

Sidang Praperadilan Polres Bantul, Misteri Munculnya 3  Sprindik dan Kearifan Hakim Ditunggu

BANTUL-Masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta menunggu kearifan Hakim Pengadilan Negeri Bantul