PDIP: Gereja dan Masjid Itu Rumah Tuhan, Wajib Dijaga Oleh Pemeluknya

Thursday 15 Oct 2015, 12 : 42 pm
by
Politisi PDI Perjuangan, Said Abdullah

Fondasi itu, imbuhnya, memberikan pijakan kuat bagi bangsa ini yang berbeda-beda latar belakang untuk hidup bersama sebagai suatu bangsa. Fondasi itu sebenarnyalah penopang eksistensi bangsa. “Jika kita berbicara Indonesia, kita tidak mungkin melepaskan apa yang disebut kebhinekaan suku, agama dan ras (SARA), sebab ia adalah Ibu Kandung Republik Indonesia,”  jelasnya.

SARA semestinya bisa dijadikan kekuatan yang mempersatukan republik ini, sebab secara nassion Indonesia terdiri dari gagasan-gagasan yang menitikberatkan pada SARA, tanpa kecuali. “Ikatan emosional Indonesia adalah SARA sebagai basisnya,” urai politi senior asal Sumenep, Madura ini.

Lebih lanjut, Said meminta aparat penegak hukum agar mengusut tuntas dalang ataupun actor intelektual dibalik peristiwa pembakaran gereja ini.  Untuk itu, siapa pun yang salah harus diberi sanksi sesuai aturan yang ada tanpa pandang bulu.
Penegakan hukum jelasnya sangat penting karena tindakan pembakaran gereja ini menyebabkan  ke bhinnekaan terkoyak di serambi mekah. “Hukum harus ditegakkan selurus-lurusnya dan sehormat-hormatnya terhadap pelaku pembakaran gereja,” tegas Wakil Ketua Banggar DPR ini.

Baca juga :  Solusi Inovatif Firli Bahuri Berantas Korupsi

Said  berharap agar pelaku pembakaran rumah ibadah ini harus dihukum seberat beratnya dan tidak boleh ada pertimbangan apapun diluar hukum.  “Saya muslim tapi tidak terima gereja di bakar dengan alasan apapun. Gereja adalah rumah Tuhan sebagaimana Masjid bagi ummat Islam adalah rumah Tuhan. Setiap warga di republik ini punya kewajiban iman dan sekaligus ideologis menjaga tempat tempat peribadatan semua pemeluk agama .  “Bung Karno secara tegas mengatakan republik ini tidak didesain untuk melindungi minoritas. Tidak juga untuk memproteksi mayoritas. Tetapi, republik ini dirancang untuk melindungi setiap warga negara, siapapun dia,” pungkas politisi PDI Perjuangan asal Jawa Timur ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) bersama dengan induk usahanya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) merupakan produsen makanan dalam kemasan yang terbesar di Indonesia

Indonesia Terancam Kehilangan Status Investment Grade

Faktor lainnya kata dia, terjadinya penurunan kualitas pengelolaan kebijakan moneter
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot menjelaskan kenaikan PNBP hingga akhir Agustus 2018 sudah lebih dari 100 persen dari target yang ditetapkan.

Cegah Covid-19, APBI-ICMA Beri Sumbangan Rp540 Miliar

Sementara itu, Direktur Eksekutif APBI, Hendra Sinadia mengungkapkan, Indika Group