PDIP, Pilkada Serentak, dan Pembelajaran dari Pilpres 2024

Wednesday 28 Aug 2024, 7 : 15 am
Anthony Budiawan – Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies)

Anies sempat datang ke kantor PDIP Jakarta. Bahkan sempat hadir di kantor PDIP saat pengumuman gelombang ketiga calon kepala daerah PDIP pada Senin kemarin, 26/8/24.

Hanya berselang setengah hari, keadaan berubah. Kabarnya, PDIP batal mencalonkan Anies Baswedan. Kabarnya, PDIP akan mengusung Pramono Anung – Rano Karno pada pilkada Jakarta 2024 ini.

Tentu saja banyak pihak tercengang. Kalau kabar ini benar, nampaknya PDIP akan mengulang kekalahan pilpres di pilkada ini.

Karena, nama Pramono Anung tidak pernah masuk radar dalam kontestasi pilkada Jakarta.

Mungkin PDIP mengandalkan popularitas Rano “si Doel” Karno. Tapi, apakah mereka bisa mengalahkan popularitas Anies yang “incumbent”, pernah menjadi Gubernur Jakarta?

Baca juga :  Ketika Potensi Return, Profil Risiko, dan Tujuan Keuangan Tidak Sejalan

Mungkin PDIP berprinsip, tidak penting kalah atau menang, yang penting calon berasal dari kader.

Yang mana, dalam hal ini bertentangan dengan kasus pilkada Banten di mana PDIP berani “mencuri” dan mencalonkan Airin, kader Golkar, yang sekarang dicuri lagi oleh Golkar dari PDIP.

Penulis adalah Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) di Jakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Salamudin Dang

Sinuhun Bertaruh Menjual BUMN Dengan SWF

SWF Indonesia katanya akan membawa pulang investasi sebesar US $

Alumni IPB Siap Kembangkan Benih Padi Unggul IPB 3S

Himpunan Alumni IPB harus menjadi pelaku gerakan kemandirian pangan secara