Pefindo Tahan Rating IMPC di Level Single A Minus dengan Outlook Stabil

Wednesday 15 Sep 2021, 2 : 25 pm
by
Pefindo telah menyematkan prospek CreditWatch dengan Implikasi Negatif terhadap peringkat ISAT, sehubungan dengan rencana penggabungan usaha dengan Tri yang diharapkan selesai pada Desember 2021
ilustrasi

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memutuskan untuk menahan peringkat PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) maupun Obligasi I-2016 yang diterbitkannya pada level idA- (Single A Minus), sedangkan prospek peringkat perusahaan di level ‘Stabil’.

“IMPC berencana untuk melunasi Obligasi I-2016 Seri B senilai Rp100 miliar yang akan jatuh tempo pada 2 Desember 2021 dengan menggunakan dana dari pinjaman bank,” ujar analis Pefindo, Qorri Aina dalam siaran pers yang dikutip, Rabu (15/9).

Dia menjelaskan, peringkat IMPC pada level idA- mencerminkan posisi perusahaan yang kuat di industri produk atap polycarbonate, jaringan distribusi yang ekstensif dan profil diversifikasi yang baik.

“Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh paparan terhadap sektor properti, persediaan yang tinggi di bidang real estat, paparan terhadap harga bahan baku dan depresiasi rupiah,” ujar Qorri.

Baca juga :  PP Persero Garap Proyek BNI Pantai Indah Kapuk Dua Senilai Rp1,4 Triliun

Menurut Qorri, obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibandingkan dengan obligor lain, terkait pemenuhan komitmen keuangan jangka panjang.

Walaupun, kemampuannya akan mudah terpengaruh oleh perubahan buruk kondisi ekonomi, dibandingkan dengan obligor yang berperingkat lebih tinggi.

Sementara itu, tanda minus (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan berada di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

IPCM Raih Pendapatan Usaha Bulan Januari Rp 58 Miliar

JAKARTA- PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) mencatat pendapatan usaha

Mata Uang Rupiah Kian Perkasa

JAKARTA-Nulai tukar mata uang rupiah terhadap dollar AS kian perkasa.