Pefindo Tahan Rating IMPC di Level Single A Minus dengan Outlook Stabil

Wednesday 15 Sep 2021, 2 : 25 pm
by
Pefindo telah menyematkan prospek CreditWatch dengan Implikasi Negatif terhadap peringkat ISAT, sehubungan dengan rencana penggabungan usaha dengan Tri yang diharapkan selesai pada Desember 2021
ilustrasi

Adapun peringkat yang diberikan kepada IMPC berlaku selama kurun 9 September 2021-1 September 2022.

Lebih lanjut Qorri mengatakan, peringkat IMPC bisa dinaikkan, jika perusahaan membukukan EBITDA secara signifikan lebih tinggi dari yang diproyeksikan dan kinerja bisa lebih baik, serta mampu mempertahankan struktur permodalan yang konservatif secara berkelanjutan.

Tetapi, ujar Qorri, peringkat bisa diturunkan jika profitabilitas IMPC mengalami penurunan akibat adanya peningkatan harga bahan baku, adanya kompetisi harga dan depresiasi nilai tukar rupiah yang menyebabkan profil kredit melemah.

“Peringkat juga dapat mengalami tekanan, apabila perusahaan berutang melebihi dari yang diekspektasikan tanpa disertai dengan pendapatan yang memadai, tercermin dari rasio utang terhadap EBITDA yang melebihi 3,5x dan rasio FFO terhadap utang lebih rendah dari 14 persen,” papar Qorri.

Baca juga :  60% Dana Repatriasi Incar Sektor Properti

Dia menyatakan, Pefindo berpandangan bahwa wabah Covid-19 memiliki dampak yang tergolong bisa dikelola oleh IMPC, karena perusahaan masih mampu mengoperasikan pabrik.

“Walaupun kami juga mencatat dampak terhadap kegiatan usaha pada saat terjadi penutupan toko akibat dari total lockdown pada pabrik IMPC di luar negeri atau penundaan dari pendapatan berbasis proyek,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Perbankan Korporat CIMB Niaga telah menyalurkan kredit investasi sebesar Rp30,18 triliun, meningkat 11% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp27,25 triliun

CIMB Niaga Kembangkan Mikro Laju di Kalimantan

Layanan Mikro Laju CIMB Niaga di area Kalimantan memberikan beragam

Laba Ashmore Asset Management Indonesia Naik 11,56% pada 2023

JAKARTA-PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) membukukan laba sebesar