Pemerintah Dukung Langkah APBI Jalankan Good Mining Practice

Saturday 4 Dec 2021, 6 : 37 pm
by
Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Jumat (3/12)

“Kita sebagai anggota APBI harus menjaga lingkungan tempat tambang itu beroperasi, serta memperdayakan masyarakat disekitar wilayah operasi tambang supaya kita mendapatkan social license untuk beroperasi serta dan menetapkan tata kelola yang baik yang menjadi dasar operasional perusahaan tambang batubara,” ungkap Wakil Ketua Umum APBI Bidang Pengembangan Teknologi Hijau dan Bersih, Azis Armand, Selasa (30/11).

Azis menambahkan, penetapan management lingkungan perlu berpedoman pada standar nasional maupun standar internasional termasuk ISO 14001.

Di samping itu, anggota APBI diharapkan tetap melakukan system management lingkungan (SML), efisiensi energi dan penurunan emisi, pengelolaan 3R yang meliputi Reuse, Reduce, Recycle limbah B3 dan limbah padat non B3, pengelolaan efisensi air dan penurunan beban pencemaran air, perlindungan keanekaragaman hayati serta program program pemberdayaan sosial lainnya.

Baca juga :  Miliki RUPTL 2024-2033, DPR Apresiasi Upaya PLN Realisasikan Transisi Energi

Khusus aspek lingkungan, Aziz menyoroti bagaimana anggota perusahaan yang terhimpun di APBI berupaya melaksanakan reklamasi serta menyiapkan dana cadangan untuk kegiatan pasca tambang sebagai bentuk meminimalkan dampak lingkungan dari kegiatan pertambangan.

Untuk memperkuat hal tersebut, pemerintah juga mengatur terkait sanksi hingga pencabutan izin tanpa melalui sanksi administratif apabila perusahaan lalai dalam menunaikan kewajiban dalam pengelolaan lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Menhub Minta AirNav Optimalkan Runway 2 dan 3 Bandara Soetta

Untuk menghindari kepadatan pada arus balik, Menhub menganjurkan pemudik untuk

BNI Dukung Transformasi Bisnis Digital Bluebird, Ciptakan Mobilitas Masa Depan

Selain itu, pembayaran tagihan kepada entitas lain juga dapat dilakukan