Pemerintah Gandeng CSO Percepat Penyelesaian Konflik Agraria

Saturday 19 Jun 2021, 12 : 26 am
by
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

JAKARTA-Dalam rangka mempercepat penyelesaian konflik agraria prioritas di tahun 2021, pemerintah melakukan terobosan (extra mile) dengan menggandeng empat organisasi masyarakat sipil (CSO).

Keempat CSO itu yakni, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Serikat Petani Indonesia (SPI), Badan Registrasi Wilayah Adat (BRWA), dan Gema Perhutanan Sosial (GEMA PS).

Dalam rapat koordinasi Tim Bersama Reforma Agraria yang dipimpin Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hari ini (18/6), CSO menyampaikan beberapa isu yang menjadi kendala penyelesaian konflik agaria.

Kendala tersebut, antara lain indikasi intimidasi dan kriminalisasi di lapangan dan kebutuhan dukungan kepala daerah dalam penyelesaian konflik agraria.

“Saya sudah berkoordinasi dan bersurat kepada Panglima TNI & Kapolri agar menjaga kondusifitas lokasi-lokasi yang menjadi prioritas di tahun 2021, agar tidak terjadi kriminalisasi warga. Kita sudah membuka ruang kolaborasi bagi pemerintah pusat, daerah dan masyarakat sipil untuk bekerja sama,” jelasnya.

Baca juga :  KPK: Tak Ada Korupsi Dalam Kasus Sumber Waras

“Silakan momentum ini dimaksimalkan untuk percepatan. Perkembangan penanganan dan penyelesaian konflik lahan akan disampaikan secara berkala kepada Presiden. Menurut target Presiden, tahun ini minimal 50% konflik agraria yang diajukan CSO bisa selesai,” tegas Moeldoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemangkas Rambut Garut Dapat Akses KPR Subsidi

GARUT-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat

BII Buka KCP Bandar Jaya, Lampung Tengah

BANDAR JAYA- PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) meresmikan pembukaan